Tampilkan Keanekaragaman Budaya, Peserta PKA Angkatan IV dan Bimtek SPM PPSDM Makassar Kenakan Pakaian Adat

Sabtu, 20 Juli 2024 06:02
Berbagai materi yang disampaikan diharapkan menjadi bekal para peserta dalam bekerja. Ist

HELOINDONESIA.COM - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Makassar secara resmi membuka Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan IV dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerapan Aksi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Angkatan I & II. Kegiatan ini diikuti peserta dari pemerintah provinsi maupun kabupaten/Kota. Mereka di antaranya dari Provinsi Papua, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Sulawesi Barat, Kota Manado, Kota Sorong, Kabupaten Fakfak, dan Kabupaten Bone.

Menariknya, dalam pembukaan tersebut, para peserta PKA Angkatan IV berinisiatif mengenakan pakaian adat sesuai daerah masing-masing. Di sela-sela acara, perwakilan dari masing-masing daerah menjelaskan makna dari pakaian adat yang dikenakan, sehingga menambah nuansa kearifan lokal yang kental.

Hal tersebut mencermikan keanekaragaman budaya di Indonesia sekaligus wujud rasa cinta terhadap bangsa Indonesia. Konsep pembukaan seperti ini mendapat apresiasi dari pimpinan khususnya Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri.

Baca juga: Suhu Udara Bikin Menggigil, Ternyata Ini Penyebabnya

Dalam sambutannya, Kepala PPSDM Kemengadri Regional Makassar Sugiarto berpesan kepada seluruh peserta agar mengikuti seluruh materi yang disampaikan oleh para pemateri dengan baik. "Manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga dapat diterapkan di tempat kerja masing-masing," ujar Sugiarto di Aula PPSDM Kemendagri Regional Makassar, Kamis (18/7/2024).

Sugiarto berharap, setiap peserta dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja, serta memperkuat implementasi SPM di daerah masing-masing. Berbagai materi yang disampaikan diharapkan menjadi bekal para peserta dalam bekerja.

Baca juga: Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Dr. Artha Theresia, S.H., M.H. Sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta

Selama Pelatihan dan Bimtek berlangsung, peserta akan melakukan pembelajaran secara tatap muka bersama pemateri dari PPSDM Regional Makassar maupun pihak terkait lainnya yang memiliki pemahaman terhadap berbagai materi yang diajarkan.


Berita Terkini