Helo Indonesia

Presiden Jokowi Ceritakan Sosok Anggota Paskibraka dari Asmat, Naik Kapal 5 Hari 5 Malam

Winoto Anung - Nasional
Rabu, 16 Agustus 2023 10:13
    Bagikan  
Jokowi, anggota Paskibraka
X / @jokowi

Jokowi, anggota Paskibraka - Presiden Jokowi saat mengukuhkan 76 anggota Paskibraka dari 38 provinsi. (foto: X / @jokowi)

HELOINDONESIA.COM - Presiden Jokowi telah mengukuhkan 76 putra-putri Indonesia dari 38 provinsi menjadi pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka).

Mereka akan bertugas pada HUT ke-78 RI tanggal 17 Agustus 2023 di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Upacara pengukuhan digelar di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/08/2023) sore.

“Para pelajar yang berasal dari 38 provinsi di Indonesia ini akan bertugas pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2023 lusa,” ungkap Presiden Jokowi di X (Twitter).

Usai pengukuhan, Presiden Jokowi secara simbolis menyematkan lencana kepada pemimpin upacara sebagai tanda pengukuhan sebagai anggota paskibraka.

Baca juga: Rabu Ini, Presiden Jokowi akan Sampaikan Dua Kali Pidato di Gedung MPR/DPR

Terkait 76 anggota pasukan Paskibraka dari 38 provinsi, Presiden Jokowi tertarik dengan sosok anggota itu yang berasal dari Asmat, Provinsi Papua Selatan. Namanya, Juan Paulinus Damianus Faya

“Juan Paulinus Damianus Faya baru saja dikukuhkan sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) tahun 2023. Ia berasal dari Provinsi Papua Selatan,” ungkap Jokowi.

Presiden tampak penuh perhatian terhadap Juan Paulinus Damianus Faya, karena untuk bisa menjadi anggota Paskibraka penuh perjuangan, perjalanan naik kapal hingga 5 hari 5 malam.

Baca juga: Prabowo Ingin Berkuasa, Ganjar Pranowo Sebut Tuanku ya Rakyat

“Untuk  sampai di titik ini, Juan yang berasal dari Kabupaten Asmat harus menempuh perjalanan laut selama 5 hari 5 malam untuk sampai di Kabupaten Merauke mengikuti seleksi Paskibraka tingkat provinsi. Dan lolos,” ujar Presiden.

Juan adalah satu dari 76 pelajar yang tahun ini akan bertugas sebagai Paskibraka pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2023 di Jakarta.

Presiden Jokowi mengatakan, jika tahun lalu anggota Paskibraka datang dari 34 provinsi, tahun ini mereka datang dari 38 provinsi berkat adanya 4 provinsi baru, termasuk Papua Selatan.

Baca juga: Ganjar: Seniman dan Influencer Duta Negara Layak Berpaspor Biru

Begitulah. Setiap anggota Paskibraka punya cerita sendiri bagaimana mereka terpilih dan berlatih untuk bertugas dalam upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Jakarta. Semuanya menarik.

“Pas bawa baki waktu latihan, saya enggak tahu kalau ada Pak Presiden di atas. Senang banget Pak Presiden bisa nonton langsung," ujar Lilly Indiani Suparman Wenda perwakilan Paskibraka dari Provinsi Papua Pegunungan, seperti di postingan Presiden Jokowi di X atau Twitter. (**)