bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Universitas Mathla’ul Anwar Banten Sosialisasi Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa 2024

M Ridwan - Nasional
Senin, 16 September 2024 05:28
    Bagikan  
Kompetisi-
Ist

Kompetisi- - Dengan diadakannya kegiatan ini, Universitas Mathla’ul Anwar berharap mampu mencetak generasi muda yang tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga memiliki karakter kuat dan semangat kebangsaan yang tinggi.

HELOINDONESIA.COM - Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa 2024 yang dilaksanakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Komite Penyelarasan Teknologi Informasi dan Komunikasi (KPTIK) terus bergulir. Kali ini Universitas Mathla’ul Anwar Banten menjadi perguruan tinggi keempat diadakan sosialisasi Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa 2024.

Tak kurang dari 550 mahasiswa baru Universitas Mathla’ul Anwar terlibat aktif dalam kegiatan ini. Sosialisasi ini diselenggarakan serangkaian dengan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024, yang digelar di Aula Universitas Mathla’ul Anwar, Menes, Kabupaten Pandeglang, pada Kamis (12/09/2024).

Kegiatan sosialisasi Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa 2024 imenjadi salah satu sesi yang paling dinantikan para peserta. Sejumlah pembicara dari pusat turut hadir memberikan wawasan terkait peran jurnalistik dalam membangun bangsa. Di antaranya adalah Ir. Soegiharto Santoso, SH selaku Tenaga Ahli Sinergisitas Bidang Kemitraan Warung NKRI Digital di BNPT RI, yang menjabat sebagai Wakil Ketua Pelaksana Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa 2024, dan H. Muhamad Agus Hendi Hendrawan, SE, MSi dari Badan Kesbangpol Provinsi Banten.

Baca juga: Libur Panjang Perayaan Maulid Nabi 2024, ASDP Bidik Kenaikan Trafik Penumpang dan Kendaraan sekitar 7-10 Persen

Soegiharto Santoso yang juga menjabat Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pers Republik Indonesia (DPP SPRI) menyampaikan materi tentang peran penting jurnalisme kampus untuk meredam intoleran pasif di kalangan mahasiswa.

Ia juga mengajak mahasiswa baru untuk memanfaatkan momentum ini dalam rangka mempersiapkan diri menjadi agen perubahan dalam masyarakat. "Melalui kegiatan kompetisi jurnalis kebangsaan ini mahasiswa memiliki peluang untuk berkontribusi aktif dalam penanggulangan terorisme dengan menjalankan praktek citizen journalism atau jurnalis warga untuk menghasilkan karya jurnalistik tentang nilai-nilai kebangsaan untuk memperkuat toleransi di lingkungan kampus dan masyarakat," papar Hoky sapaan akrabnya yang juga menjabat sebagai Ketua Umum APTIKNAS, Sekretaris Jenderal Perkumpulan Advokat Teknologi Informasi Indonesia (PERATIN), dan Ketua Dewan Pengarah LSP Pers Indonesia.

Hoky juga menyampaikan bahwa dengan kompetisi ini diharapkan dapat lebih efektif dalam menggalang dukungan dari media dan jurnalis dalam upaya penganggulangan terorisme dan menjadi wahana efektif untuk menyuarakan nilai-nilai kebangsaan, memberikan pelatihan dan peningkatan keterampilan, menginspirasi dan mempengaruhi opini publik, dan membangun komunitas jurnalis mahasiswa serta memperkaya konten jurnalistik. “Jurnalis bukan hanya profesi, tetapi juga panggilan untuk menyuarakan kebenaran dan menjaga integritas bangsa,” imbuhnya.

Baca juga: Edukasi di Universitas Borobudur, JAM-Pidum Paparkan Transformasi Paradigma Hukum yang Restoratif, Korektif dan Rehabilitatif

Ia juga menyampaikan, di era society 5.0 ini para mahasiswa yang mengikuti kompetisi menjadi mempunyai kesempatan menciptakan peluang baru sebagai agen perubahan dalam membangun semangat kebangsaan melalui karya-karya jurnalistik.

Pada kesempatan yang sama, hadir pula Koordinator Tim Pelaksana Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa untuk Provinsi Banten Ir. Rika Rahmawati, ST, MT, dan DR. Ir. Eden Gunawan, MM, IPU, ASEAN Eng, sebagai panitia penyelenggara program, dan Tati Sagita, yang menjabat sebagai Sekretaris Koordinator Banten.

Dari Kesbangpol Provinsi Banten, H. Muhamad Agus Hendi Hendrawan, SE, MSi yang turut menyampaikan materi, mengatakan, generasi muda harus memiliki semangat kebangsaan yang kuat. "Mahasiswa adalah harapan bangsa, dan melalui dunia jurnalistik, mereka bisa membantu memperkuat persatuan dan kesatuan," ungkap Agus Hendi.

Baca juga: Kejari Bandar Lampung Sukses Jalankan Tugas Datun dan Inovasi Pelayanan

Ia juga berharap, acara ini dapat memberikan motivasi serta pembekalan kepada mahasiswa baru Universitas Mathla’ul Anwar untuk berperan aktif dalam kegiatan jurnalistik. Selain itu, melalui program ini, diharapkan peserta dapat mengimplementasikan nilai-nilai Merdeka Belajar yang mengedepankan kreativitas, inovasi, serta kebebasan dalam mengeksplorasi potensi diri.

Kegiatan PKKMB dan sosialisasi Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa 2024 ini juga mendapat dukungan dari Mayora Group, yang menyediakan makanan ringan bagi para peserta selama acara berlangsung. Hal ini menambah semarak suasana kegiatan yang berlangsung penuh antusiasme.

Dengan diadakannya kegiatan ini, Universitas Mathla’ul Anwar berharap mampu mencetak generasi muda yang tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga memiliki karakter kuat dan semangat kebangsaan yang tinggi.