bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Libur Panjang Perayaan Maulid Nabi 2024, ASDP Bidik Kenaikan Trafik Penumpang dan Kendaraan sekitar 7-10 Persen

M Ridwan - Nasional
Minggu, 15 September 2024 23:10
    Bagikan  
Libur Panjang Maulid Nabi Muhammad SAW-
Ist

Libur Panjang Maulid Nabi Muhammad SAW- - ASDP memastikan jika ketersediaan fasilitas dan layanan publik di pelabuhan utama seperti di Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk, sangat memadai.

HELOINDONESIA.COM - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat pergerakan arus penumpang dan kendaraan pada periode libur panjang perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Senin (16/9) yang jatuh bersamaan libur akhir pekan ini, relatif ramai lancar.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan pada periode libur panjang Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, manajemen memperkirakan ada kenaikan trafik penumpang dan kendaraan sekitar 7-10 persen bila dibandingkan hari normal, khususnya di lintasan tersibuk Merak-Bakauheni yang menghubungkan Pulau Jawa-Sumatera. “Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan pelayanan prima kepada pengguna jasa, tentunya dengan mempersiapkan berbagai fasilitas layanan memadai, termasuk berkoordinasi aktif dengan regulator BPTD yang berwenang dalam pengaturan jadwal kapal," ujarnya.

Data Posko Merak pada Jumat (13/09) hingga Sabtu (14/9) pagi tadi mencatat sekitar 40.623 orang telah menyeberang dari Jawa menuju Sumatera atau naik 50% dibanding hari normal sebelumnya pada Kamis (12/9) sebanyak 27.090 orang. Adapun kapal yang beroperasi selama 24 jam sebanyak 28 unit yang melayani hingga 107 trip.

Baca juga: Edukasi di Universitas Borobudur, JAM-Pidum Paparkan Transformasi Paradigma Hukum yang Restoratif, Korektif dan Rehabilitatif

Diikuti, jumlah kendaraan roda dua yang telah menyeberang mencapai 2.379 unit atau naik 242% dibandingkan realisasi hari sebelumnya mencapai 696 unit. Dan Kendaraan roda empat mencapai 4.290 unit atau naik 70% dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 2.524 unit. Total seluruh kendaraan yang menyeberang pada Jumat kemarin tercatat 10.521 unit dari Jawa ke Sumatera atau naik 48% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 7.090 unit.

ASDP mengimbau kepada pengguna jasa yang akan bepergian dengan kapal ferry khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk agar membeli tiket sejak jauh hari melalui aplikasi ataupun mitra resmi Ferizy.

Pembelian tiket online via Ferizy lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk dapat dilakukan sejak 60 hari sebelum hari keberangkatan hingga maksimal H-1. "Kami minta kepada masyarakat agar dapat mempersiapkan keberangkatan sejak jauh hari, pastikan telah bertiket sebelum berangkat, dan tiba di pelabuhan sesuai dengan jadwal yang tertera di tiket," ujar Shelvy.

Baca juga: Gempa Tektonik M5,1 Guncang Samudera Hindia Selatan Jawa, Tidak Berpotensi Tsunami

General Manager ASDP Cabang Bakauheni Syamsudin turut menyampaikan proyeksi kenaikan penumpang dari Pulau Sumatera menuju Jawa. “Untuk estimasi kenaikan penumpang pejalan kaki selama periode long weekend ini diperkirakan mencapai 10-13 % sedangkan untuk golongan kendaraan campuran mencapai 4-5 %,” ujarnya.

Adapun dalam mengantisipasi lonjakan tersebut, telah dilakukan berbagai persiapan sarana dan prasarana, serta koordinasi dengan berbagai pihak mulai dari kepolisian, petugas operasional, upaya peningkatan pengamanan yang melibatkan petugas sekuriti dan BKO, armada siap operasi, hingga kesisteman terutama pada pelayanan e-ticketing.

ASDP juga terus mengimbau kepada seluruh pengguna jasa agar tidak melakukan pembelian tiket melalui calo untuk mencegah kerugian bagi penumpang khususnya pencatatan data manifest yang tidak valid.

Baca juga: Gelar BJB EXPORTPRENEUR, bank bjb Siap Lahirkan Eksportir Baru

ASDP memastikan jika ketersediaan fasilitas dan layanan publik di pelabuhan utama seperti di Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk, sangat memadai. Bahkan, telah ditingkatkan sejak sebelum layanan Angkutan Lebaran pada April lalu. Seperti, di Pelabuhan Merak tersedia toll gate dan vending machine sebanyak 50 unit, CCTV 140 unit, layanan posko kesehatan sebanyak 3 lokasi, fasilitas toilet lebih dari 120 unit, dan kapasitas kapal per harinya akan mampu mengangkut hingga 39.000 unit kendaraan kecil per harinya.

"Agar penumpang dapat tertib, tetap mengikuti arahan petugas kapal dan pelabuhan untuk keselamatan dan keamanan bersama. Pastikan juga, kondisi stamina Anda dan kendaraan dalam keadaan prima demi kelancaran perjalanan liburan," tutur Shelvy menandaskan.