bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Ikuti Sidang Kabinet Terakhir di IKN, Menteri AHY Komitmen Tuntaskan Program PTSL, Reforma Agraria, dan Pemberantasan Mafia Tanah

M Ridwan - Nasional
2 jam 8 menit lalu
    Bagikan  
Sidang Kabinet-
Ist

Sidang Kabinet- - Presiden juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama dalam masa kepemimpinannya yang telah berjalan selama dua periode.

HELOINDONESIA.COM - Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menuntaskan program-program prioritas Kementerian ATR/BPN menjelang berakhirnya masa bakti Kabinet Indonesia Maju dalam sebulan mendatang.

Penegasan ini disampaikan Menteri AHY usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna terakhir yang berlangsung di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (13/09/2024).

“Untuk program nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) per hari ini sudah lebih dari 117 juta bidang tanah. Di bidang Reforma Agraria, baik itu penataan aset maupun penataan akses dan peningkatan ekonomi masyarakat akan kita kawal. Terakhir tentunya yang berurusan dengan upaya membasmi atau melawan kejahatan pertanahan oleh mafia tanah,” ujar Menteri AHY.

Baca juga: Kapolres Metro Tangerang Hadiri Arahan Presiden di IKN: Peran Penting TNI-Polri dalam Visi Indonesia Emas 2045

Ia akan terus menggalakkan pemberantasan mafia tanah untuk menyelamatkan potensi kerugian negara dan memberikan keadilan bagi masyarakat.

“Pemberantasan mafia tanah dapat memberikan kepastian hukum bagi para investor yang akan hadir di Indonesia dan tentunya keadilan bagi masyarakat juga menjadi utama karena banyak sekali masyarakat yang tidak berdaya masyarakat rentan, lemah, yang kemudian hak-haknya diserobot begitu saja, perlu kita bela dan kita perjuangkan,” tutur Menteri AHY.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan tiga pesan, di antaranya penuntasan program kerja, dukungan terhadap Presiden Terpilih agar transisi pemerintahan yang efektif, dan menjaga situasi negara yang kondusif.

Baca juga: Kepala BSKDN: Inovasi Daerah Harus Mengandung Pembaruan dan Beri Manfaat Nyata

Presiden juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama dalam masa kepemimpinannya yang telah berjalan selama dua periode.

"Ini adalah Sidang Kabinet terakhir dari Kabinet Indonesia Maju dan pada kesempatan yang baik ini saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk kerja keras, dedikasi, dari Bapak/ Ibu semuanya dalam menjalankan pemerintahan, dalam melaksanakan program dan visi presiden dan wakil presiden dalam menghadapi berbagai tantangan-tantangan yang ada," ungkap Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Mantap! Ketua Umum PWI Pusat Kukuhkan LKBPH, Siap Bela Masalah Hukum Wartawan Secara Gratis

Sidang Kabinet Paripurna terakhir ini membahas Persiapan Transisi Pemerintahan. Hadir dalam kesempatan ini, Wakil Presiden, Ma’ruf Amin serta seluruh Menteri dan Kepala Lembaga Kabinet Indonesia Maju. Sebelum sidang kabinet berjalan, foto bersama dilakukan bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo dan para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja Indonesia Maju (OASE KIM).