bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tingkatkan Kinerja, Mendagri Tekankan Pentingnya Iklim Kompetitif Antar-Kepala Daerah

M Ridwan - Nasional
13 jam 37 menit lalu
    Bagikan  
Tingkatkan Kinerja-
Ist

Tingkatkan Kinerja- - Mendagri menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan.

HELOINDONESIA.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menekankan pentingnya membangun iklim kompetitif antarkepala daerah untuk mendorong peningkatan kinerja. Terlebih, di tengah sistem pemerintahan yang tidak sentralistis, kepala daerah memiliki ruang untuk melakukan terobosan kreatif.

“Kuncinya ada di kepala daerah sebagai leader. Kepala daerah, di daerah yang tidak sentralistis dan banyak didelegasikan kewenangan ke daerah sebagian. Ini memberikan ruang kepada kepala daerah untuk manuver dan melakukan terobosan kreatif,” ujar Mendagri pada Malam Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 Kompas TV di The Tribrata Hotel & Convention Center, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Mendagri juga menyoroti pentingnya membuat kepala daerah bekerja dengan baik. "Jadi kata kuncinya adalah how to make them perform better or the best. Bagaimana membuat mereka bekerja dengan baik," ujar Mendagri.

Baca juga: Ground Breaking Gedung BPIPI, Wujud Komitmen Kemenperin Kembangkan Industri Alas Kaki Dalam Negeri

Upaya mendorong kepala daerah agar berkinerja baik, menurutnya dapat dilakukan dengan menerapkan sanksi dan penghargaan. Hal ini dinilai sebagai metode yang tepat untuk memotivasi kepala daerah. "Dengan reward (penghargaan) kita harap bisa memotivasi, dengan punishment (sanksi) kita harap akan memberikan efek untuk mau bangkit," tambah Mendagri.

Selain itu, Mendagri menekankan pentingnya penghargaan dari pihak eksternal, seperti media massa dalam menilai kinerja kepala daerah. "Penghargaan dari luar pemerintah juga sangat penting. Baik dari masyarakat, apalagi media," katanya.

Dalam kesempatan itu, Kompas TV memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang dinilai berkinerja baik. Mendagri juga menjadi salah satu menteri yang turut menyerahkan penghargaan tersebut.

Baca juga: Peringatan Harhubnas, Ditjen Hubdat Gelar Aksi Donor Darah Serentak Hingga Raih Rekor Muri

Mendagri menambahkan, kerja sama antara Kemendagri dan Kompas dalam menilai kinerja daerah, diharapkan mampu meningkatkan motivasi para kepala daerah agar bekerja lebih baik. "Kami harapkan dengan adanya reward penghargaan kali ini dengan berbagai kategori, ini dapat membangkitkan motivasi teman-teman daerah," ujar Mendagri.

Mendagri menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan. "Dan bagi yang belum mendapat penghargaan yang menyaksikan acara ini mudah-mudahan bisa memotivasi," tutupnya.