bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Lifter Aceh Nurul Akmal Jadi Penyulut Api di Pembukaan PON Aceh-Sumut 2024

M Ridwan - Nasional
4 jam 19 menit lalu
    Bagikan  
PON XXI 2024.
Ist

PON XXI 2024. - Nurul Akmal yang biasa disapa Amel adalah atlet angkat besi putri asal Aceh yang memulai kariernya sejak 2010.

HELOINDONESIA.COM - Lifter asal Aceh Nurul Akmal terpilih sebagai penyulut api pada upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024. Acara ini akan digelar di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9/2024) malam.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebutkan, Nurul Akmal atlet asal Tanah Luas, Aceh Utara mendapatkan kehormatan berkat prestasi yang telah diraihnya, termasuk pernah tampil di Olimpiade Paris 2024.

“Nurul Akmal telah menunjukkan prestasi luar biasa untuk olahraga Indonesia. Dia telah tampil di dua olimpiade, Tokyo dan Paris,” ujar Dito saat konferensi pers di Media Center Utama wilayah Aceh bertajuk "PON XXI Aceh-Sumut 2024 untuk Indonesia Juara". Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Hermes Banda Aceh, Minggu (8/9/2024) malam.

Baca juga: Profil Puput Novel, Mantan Penyanyi Cilik yang Baru Saja Meninggal Dunia

Lifter asal Aceh Nurul Akmal terpilih sebagai penyulut api pada upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024. Acara ini akan digelar di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9/2024) malam.

Sementara itu, Penjabat (Pj.) Gubernur Aceh Safrizal ZA menilai, Nurul Akmal adalah atlet paling berprestasi yang dimiliki Aceh saat ini. “Dia telah mengharumkan nama Aceh dan Indonesia dengan prestasinya, kami sempat menawarkan dia bekerja di lembaga perbankan milik daerah,” kata Safrizal.

Ia juga menjelaskan pada PON kali ini, Nurul Akmal akan tetap membela kontingen Aceh dengan target meraih medali emas, seperti yang ia torehkan pada PON XX di Papua.

Baca juga: Beri Selamat ke Daud Yordan, Ketua DPD RI Harap Semangat dan Keberaniannya Dibawa ke DPD RI

Berikut Prestasi Nurul Akmal :

Nurul Akmal yang biasa disapa Amel adalah atlet angkat besi putri asal Aceh yang memulai kariernya sejak 2010. Beberapa pencapaian pentingnya termasuk peringkat ke-12 di IWF World Championships 2018 di Turkmenistan dan memperoleh medali perunggu di Grand Prix 6th Qatar International Cup 2019 di Doha.

Pada Olimpiade Tokyo 2021, ia menempati peringkat kelima kelas +87kg dengan total angkatan 256 Kg. Baru-baru ini Nurul juga tampil di Olimpiade Paris 2024 meski hanya berada di peringkat ke-12.