bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pembukaan PON XXI Wilayah Sumut di Stadion Baharoeddin Siregar Lubuk Pakam

Lilik Riadi - Nasional
Sabtu, 7 September 2024 00:05
    Bagikan  
Kasatpol PP Sumut, M Mahfullah Pratama Daulay selaku penanggung jawab acara saat memberikan keterang
Lilik Riadi Dalimunthe

Kasatpol PP Sumut, M Mahfullah Pratama Daulay selaku penanggung jawab acara saat memberikan keterang - Kasatpol PP Sumut, M Mahfullah Pratama Daulay selaku penanggung jawab acara

HELOINDONESIA.COM - Medan, Acara Ceremony pembukaan  Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut untuk wilyah Sumut, akan digelar di Stadion Baharoeddin Siregar Lubuk  Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Senin 9 September 2024. 

Kepala Satuan Polisi Pamong (Kasat PP) Sumatera Utara M Mahfullah Pratama Daulay selaku penanggung jawab acara mengatakan, penyelenggaraan pembukaan pesta olahraga multi event itu, akan dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo di Aceh. Sementara untuk Wilayah Sumut dipastikan akan mengikuti upacara pembukaan secara virtual live.

"Acara pembukaan akan dilaksanakan secara bersamaan Aceh dan Sumut. Hanya saja, Bapak Presiden Jokowi berada di Aceh dan kita disini di Stadion Baharoeddin Lubuk Pakam, mengikuti acara pembukaannya juga melalui virtual live . Jadi, seluruh rangkaian di Aceh, dikuti juga di Sumut."jelasnya pada Perscom Media Center PON XXI Wilayah Sumut, di Hotel Santika Dyandra, kota Medan, Jum'at 6 September 2024.

Dijelaskan M Mahfullah, sebanyak 5.880 kuota penonton yang disediakan panitia untuk memeriahkan upacara pembukaan tersebut. Di mana masyarakat yang bisa masuk ke stadion untuk mengikuti upacara pembukaan PON harus memiliki tiket. 

Namun demikian, bagi masyarakat yang tidak memiliki tiket, panitia telah menyiapkan tempat di depan Stadion Baharoeddin Siregar, untuk tetap bisa mengikuti upacara tersebut.terangnya

Dijelaskannya juga, sebenarnya Stadion Baharoeddin Siregar, bisa menampung 12 ribu penonton. Tapi, ada beberapa area yang terpakai untuk panggung utama. Jadi, setelah dihitung secara seksama, hanya bisa menampung 5.880 orang penonton.

"Kapasitas tampung penonton di Stadion Baharuoeddin Siregar, sebenarnya 12 ribu orang. Karena, sebagaian lapangan dipakai untuk panggung utama, maka yang bisa ditampung penonton sebanyak 5.880 orang saja. jelasnya. 

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan agar masyarakat yang ingin mengikuti upacara di dalam stadion, supaya bisa hadir tepat waktu. Pasalnya pintu stadion akan dibuka pukul 15:00 WIB, dan upacara akan dimulai pada 20:30 WIB. 

"Acaranyaa di bagi dua,Off air dan on air. Pintu Stadion sudah dibuka pukul 15:00 sampai 19:00 WIB. Kemudian 20:30 di mulai lah pembukaan prosesi PON. Di off air kita siapkan lucky draw dan hiburan dengan band nasional J-rock dan band lokal. Pada saat on air mengikuti prosesi pembukaan PON," tuturnya. 

Disinggung terkait pembukaan PON dilakukan di Stadion Baharoeddin dan buka Stadion Utama Sumut, M Mahfullah yang biasa dipanggil Ipunk ini mengatakan, saat ini Stadion Utama masih tahap penyelesaian. Mengingat Stadion itu diproyeksikan untuk upacara penutupan PON 2024.

"Saya rasa untuk Stadion utama itu memang difokuskan untuk penutupan dari pada PON. Kemudian saat ini sudah melakukan finishing dan tanggal 9 sudah dapat digunakan untuk persiapan penutupan. Untuk hal tersebut tentunya kalau melaksanakan kegiatan seperti ini, Event Organizer itu butuh 10 hari persiapan sampai pelaksanaan," ujarnya.