bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Menko PMK Gelar Rakor Perdana di IKN, Banyak Antisipasi yang Dilakukan

Edo - Nasional
Kamis, 29 Agustus 2024 18:49
    Bagikan  
RAKOR PEDANA
Kementerian PMK

RAKOR PEDANA - Menko PMK, Muhadjir Effendy menggelar rakor pedana di Ibu Kota Negara (IKN) bersama para gubernur, dan instasi terkait.

HELOINDONESIA.COM - Menko PMK, Muhadjir Effendy memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) rakor perdana bersama Pemrov Kalimantan Timur dan pemkab/kota di Kantor Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (28/8/2024).

Menko Muhadjir mengatakan persoalannya sangat kompleks, bukan hanya berkaitan dengan investasi maupun infrastruktur namun berkaitan dengan tiga hal utama yaitu kesehatan, pendidikan, dan SDM atau man power.

Langkah inklusif pembangunan manusia di IKN dengan menyiapkan SDM berkualitas, diharapkan masyarakat sekitar turut serta dan tidak hanya menonton hasil-hasil pembangunan IKN saja.

Baca juga: Pengembangan Anak Usia Dini Secara Holistik dan Integratif Itu yang Sedang Didorong Kemenko PMK

Hal perlu menjadi perhatian terkait mobilisasi, kedatangan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah direncanakan dan diikuti arus urbanisasi masyarakat harus diantisipasi karena berpotensi mempengaruhi keseimbangan tatakelola IKN yang dipersiapkan sebagai kota masa depan.

Muhadjir mengatakan, terkait masalah itu, dibutuhkan rekayasa sosial untuk mengantisipasi kondisi tersebut, diperlukan langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam pembangunan manusia dan budaya di IKN.

Di bidang kesehatan misalnya dengan memprioritaskan tenaga kesehatan lokal, perlu didukung penyiapannya dengan menyediakan mentoring khusus persiapan sebelum mendapatkan beasiswa.

Baca juga: Kemenko Polhukam RI dan BNPT Sepakat Sukseskan Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa 2024

Di sisi lain, kualitas pendidikan putra-putri daerah perlu didukung lembaga pendidikan yang mumpuni dengan mendekatkan fasilitasnya disini.

Belajar dari membangun ibu kota di negara lain perlu segera ada pemerintahan tidak terbatas IKN.

"Warga lokal adalah pemilik awal IKN, jangan sampai pendatang baru yang nanti lebih merasa eksklusif di wilayah IKN," tegasnya.

Pembangunan IKN adalah simbol dari komitmen kita untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Kemenko PMK Paparkan Rencana Kerja dan Anggaran 2025 di Banggar DPR-RI, Segini Nilainya

Sekaligus mengimplementasikan Visi Presiden Jokowi untuk mengubah dari Jawa Sentris menjadi Indonesia Sentris.

Menjelang akhir masa jabatannya Menko PMK Muhadjir Effendy menargetkan pembangunan IKN dan siap mengawal hingga dua bulan ke depan.

"Saya ingin mengakhiri masa jabatan ini memberikan perhatian semaksimal mungkin pada IKN sesuai dengan arahan Presiden," katanya.

Baca juga: Kemenko PMK Paparkan Rencana Kerja dan Anggaran 2025 di Banggar DPR-RI, Segini Nilainya

Sehingga nanti akan diikuti beberapa pertemuan-pertemuan yang lebih detail dan teknis sekaligus ikut meramaikan suasana IKN.

"Setelah kemarin pelaksanaan upacara memperingati Proklamasi saat ini kita ramaikan IKN supaya semarak sebagai Ibu Kota Nusantara, Indonesia Baru," ujar Menko Muhadjir. **