bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Kemendes PDTT: Forum SOMRDPE dan AVN Jadi Inspirasi Pembangunan Desa di ASEAN

M Ridwan - Nasional
Kamis, 29 Agustus 2024 17:41
    Bagikan  
Mendes PDTT-
Ist

Mendes PDTT- - Pentingnya rangkaian kegiatan ini sebagai wujud semangat ASEAN dalam berbagi pengetahuan dan inovasi dalam pembangunan desa.

HELOINDONESIA.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) kembali menggelar Forum Senior Official Meeting on Rural Development and Poverty Eradication (SOMRDPE) Indonesia  2024 dan ASEAN Village Network (AVN) ke-2 di Kota Batu dan Kabupaten Malang, Jawa Timur, dari 28 Agustus hingga 1 September 2024.

Forum ini diharapkan tidak hanya mempererat hubungan diplomatik antarnegara ASEAN tetapi juga menjadi inspirasi dalam pembangunan desa, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh wilayah ASEAN.

Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal sekaligus Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Sugito, menyatakan bahwa forum ini tidak hanya akan menambah pengetahuan, tetapi juga memperkuat hubungan antarnegara anggota.

Baca juga: PKS Bertarung Sendirian di Pilkada Tangsel 2024, Paslon Ruhamaben dan Dr Shinta Wahyuni Chairuddin Percaya Bakal Menang

"Saya berharap pengalaman yang kita peroleh di sini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua dalam mengembangkan desa-desa di negara kita masing-masing," ujarnya saat Gala Dinner di Kota Batu, Rabu (28/8/2024).

Pemilihan Kota Batu dan Kabupaten Malang sebagai lokasi acara ini didasarkan pada keberhasilan kedua daerah dalam mengembangkan desa dan pariwisata. Para delegasi akan melakukan kunjungan langsung ke beberapa desa untuk memahami kemajuan pembangunan di daerah tersebut dan melihat bagaimana konsep pembangunan desa dapat diaplikasikan di negara masing-masing.

Sugito menekankan pentingnya rangkaian kegiatan ini sebagai wujud semangat ASEAN dalam berbagi pengetahuan dan inovasi dalam pembangunan desa.

Baca juga: Didukung 16 Parpol, Pasangan Ben-Pilar Lakukan Pendaftaran ke KPU Kota Tangsel

"Kunjungan ke desa-desa ini akan memberikan pelajaran berharga tentang bagaimana membangun desa yang tidak hanya maju secara ekonomi, tetapi juga lestari dan harmonis dengan alam serta budayanya," kata Sugito.

Salah satu desa yang akan dikunjungi adalah Desa Tulungrejo di Kota Batu, yang dikenal sebagai pusat pengembangan pertanian organik. Desa ini berperan penting dalam menjaga kesehatan lingkungan sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani.

Selain itu, para delegasi juga akan menyaksikan Festival Budaya Kanjuruhan Culture Carnival, sebuah perayaan kebudayaan di Kabupaten Malang yang menampilkan beragam kesenian tradisional, tarian, dan pertunjukan budaya. Festival ini menjadi bukti bagaimana kearifan lokal dan warisan budaya dapat menjadi daya tarik wisata yang mendunia serta memperkuat identitas dan kebanggaan masyarakat setempat.

Baca juga: Menparekraf Ajak TVRI Perkuat Kolaborasi Promosikan Potensi Parekraf Indonesia

Forum SOMRDPE dan AVK kali ini dihadiri oleh delegasi dari beberapa negara anggota ASEAN seperti Singapura, Thailand, Korea Selatan, Kamboja, Laos, dan Malaysia. Selain itu, hadir pula perwakilan dari Sekretariat ASEAN, para kepala desa, serta Pejabat Tinggi Madya dan Pratama dari Kemendes PDTT.