bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Menparekraf Ajak TVRI Perkuat Kolaborasi Promosikan Potensi Parekraf Indonesia

M Ridwan - Nasional
Kamis, 29 Agustus 2024 14:05
    Bagikan  
Kolaborasi-
Ist

Kolaborasi- - Sandiaga mengatakan potensi-potensi promosi tersebut bisa dihadirkan melalui program-program tayangan TVRI sebagai media pemersatu bangsa. Terlebih, ada banyak capaian di sektor parekraf Indonesia.

HELOINDONESIA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak Televisi Republik Indonesia (TVRI) sebagai media nasional milik negara untuk memperkuat promosi sektor parekraf Indonesia.

"Pemasaran pariwisata maupun ekonomi kreatif terlihat begitu besar sebagai potensi kolaborasi. Oleh karena itu, ada beberapa subsektor yang telah kita pilih untuk kita eskalasi seperti musik, film, kuliner, fesyen dan promosi destinasi wisata," kata Menparekraf Sandiaga usai berkunjung ke kantor pusat TVRI, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2024).

Sandiaga mengatakan potensi-potensi promosi tersebut bisa dihadirkan melalui program-program tayangan TVRI sebagai media pemersatu bangsa. Terlebih, ada banyak capaian di sektor parekraf Indonesia.

Baca juga: Komunitas Ojek Online (Ojol) Hingga Kurir Gelar Demonstrasi di Jakarta, Ini Tuntutannya.

Di antaranya indeks kinerja pengembangan pariwisata Indonesia (Travel Tourism Development Index/TTDI) versi World Economic Forum (WEF) naik 10 peringkat, dari peringkat 32 menjadi 22 dunia. Selain itu, Indonesia kembali menduduki peringkat teratas sebagai destinasi ramah Muslim versi Mastercard Crescent Rating Global Muslim Travel Index (GMTI) tahun 2024.

Tak hanya itu, TVRI juga dinilai merupakan media yang tepat untuk mempublikasikan program-program unggulan Kemenparekraf.

"Saya menilai siaran TVRI bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran baik audiens lokal maupun internasional terhadap destinasi wisata dan budaya Indonesia. Sehingga Indonesia tetap menjadi top of mind wisatawan dalam memilih destinasi wisata," katanya.

Baca juga: Kemendikbudristek Salurkan Bantuan Pemerintah kepada 340 Komunitas Pegiat Literasi

Direktur Utama TVRI, Iman Brotoseno menyampaikan TVRI sebagai media yang menjadi bagian dalam pentahelix pariwisata memiliki kekuatan untuk memberikan informasi yang lebih mendalam.

“TVRI memiliki kekuatan untuk memberikan informasi yang lebih mendalam tentang destinasi wisata. TVRI juga memiliki kekekuatan visual yang dapat menarik minta audiens baik lokal maupun internasional. Program-program kami selama ini banyak yang bertemakan pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif.,” ujar Iman.

Iman berharap hubungan antara Kemenparekraf dan TVRI dapat terus berjalan dengan baik sehingga bisa melahirkan program-program kolaborasi yang lebih beragam dan berdampak pada pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Baca juga: Penandatanganan Kesepakatan Antara Pemprov Banten dan Kejati Banten Terkait Penanganan Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara

Dalam kunjungan ini, Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani dan sejumlah pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf. Direktur Teknis TVRI, Bernardus Satriyo Dharmanto, Direktur Keuangan Raden Sarjono, dan Direktur Pengembangan dan Usaha TVRI, Retno Wulan Kartiko Purbodjati juga hadir dalam kegiatan tersebut.