bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Hari Perumahan Nasional 2024, Kementerian PUPR Ziarah dan Tabur Bunga ke Makam Bung Hatta Bapak Perumahan Indonesia

M Ridwan - Nasional
Jumat, 23 Agustus 2024 18:29
    Bagikan  
Hapernas-
Ist

Hapernas- - Hal itu selaras dengan Keputusan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor 46/KPTS/M/2008 tanggal 6 Agustus 2008 tentang Hari Perumahan Nasional.

HELOINDONESIA.COM -Dalam rangka memperingati Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2024, sejumlah pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan ziarah dan tabur bunga ke makam Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia, Mohammad Hatta atau Bung Hatta di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta, Jumat (23/8/2024).

Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun, ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) yang diperingati setiap tanggal 25 Agustus.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah yang mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, semangat dan pemikiran Bung
Hatta ini dapat dijadikan motivasi bagi generasi penerus saat ini, untuk memastikan akses rumah layak huni dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Pemikiran Bung Hatta sangat mementingkan kehidupan bangsa Indonesia dalam hal terselenggaranya pemenuhan kebutuhan rumah. Pemikiran tersebut menjadi pedoman pemerintah dari masa ke masa yang tercermin dari kebijakan yang terus berupaya mendorong pemenuhan kebutuhan kepemilikan rumah untuk memenuhi kekurangan kebutuhan atau backlog perumahan. Gagasan Bung Hatta tersebut diwujudkan melalui Program Sejuta Rumah yang dikawal oleh Kementerian PUPR," kata Sekjen Zainal Fatah.

Dikatakan Sekjen Zainal Fatah, Hari Perumahan Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Agustus, diharapkan dapat menjadi momentum untuk mendorong peran aktif dari seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan tentang pentingnya pemenuhan hunian yang layak untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"Sesuai dengan tema Hari Perumahan Nasional tahun 2024, yaitu digitalisasi perumahan, di mana saat ini transformasi teknologi terus berkembang seiring semakin besarnya tuntutan berbagai kemudahan oleh masyarakat untuk mendapatkan rumah layak huni," kata Zainal Fatah.

Untuk itu, menurut Zainal Fatah dalam penyediaan perumahan layak huni perlu didukung dengan platform yang tepat, kreatif, efisien dan mengikuti teknologi terkini dalam pemutakhiran database kebutuhan berdasarkan data backlog dan RTLH, serta kemudahan mengakses data tata kelola perumahan yang terbangun bagi masyarakat guna memperoleh rumah layak bagi MBR.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, Bung Hatta merupakan salah satu tokoh penting yang sangat peduli dengan perkembangan perumahan di Indonesia.

"Selain sebagai Proklamator Kemerdekaan Indonesia dan Bapak Koperasi, Bung Hatta juga merupakan Bapak Perumahan Indonesia. Berbagai pemikiran dan kepedulian Bung Hatta terhadap perkembangan perumahan menjadikan Bung Hatta sebagai tokoh penting dalam bidang perumahan," ujar Iwan.

Dalam sambutannya pada Kongres Perumahan Rakyat Sehat di Bandung pada tanggal 25 Agustus 1950, Bung Hatta menegaskan bahwa “Cita-cita untuk terselenggaranya kebutuhan perumahan rakyat bukan mustahil apabila kita sungguh-sungguh mau dengan penuh kepercayaan, semua pasti bisa”.

Pelaksanaan Kongres Perumahan Rakyat tersebut menjadi dasar atas penyelenggaraan Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) setiap tahunnya. Hal itu selaras dengan Keputusan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor 46/KPTS/M/2008 tanggal 6 Agustus 2008 tentang Hari Perumahan Nasional.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Para pejabat tinggi/ madya Kementerian PUPR, serta sejumlah pimpinan mitra kerja Kementerian PUPR di bidang perumahan dan pihak keluarga Bung Hatta.