bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pertama Kalinya Hari Juang Polri Diperingati di Monumen Polisi Istimewa Surabaya, Kapolri Pimpin Upacara

Edo - Nasional
Rabu, 21 Agustus 2024 20:51
    Bagikan  
HARI JUANG POLRI
dodohawe/ heloindonesia.com

HARI JUANG POLRI - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan mantan Kapolri usai mengikuti upacara peringatan Hari Juang Polri di Monumen Polisi Istimewa Surabaya, Rabu (21/8/2024)

HELOINDONESIA.COM - Untuk pertama kali Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar peringatan Hari Juang Polri 21 Agustus 2024 di Surabaya, Rabu (21/8/2024).

Peringatan Hari Juang Polri dilakukan di Monumen Perjuangan Polri Jl M Jasin Polisi Istimewa kawasan Darmo-Basuki Rachmat, Tegalsari, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara peringatan Hari Juang Polri yang pertama kalinya digelar di lokasi Monumen Istimewa Surabaya yang dimulai pada pukul 09:00 WIB.

Kapolri yang sudah berada di ditempat upacara tidak lama kemudian membacakan teks Proklamasi Polisi yang di masa perjuangan juga dibacakan oleh Moehammad Jasin pemimpin Polisi Istiwa Surabaya pada 21 Agustus 1945.

Baca juga: Link Live Streaming BRI Liga 1 2024-2025 : Malut United FC vs Persebaya Surabaya, Sedang Berlangsung!

Dalam pelaksanaannya upacara dilaksanakan secara singkat, Kapolri juga tidak memberikan amanatnya sebagai inspektur upacara dan upacara berakhir pada pukul 09:27 WIB dan diakhiri dengan pembacaan doa.

Hari peringatan Hari Juang Polri digelar dengan penuh khidmat selain upacara juga digelar dengan acara drama kolosal perjuangan Polri dalam melawan invansi penjajahan yang digelar di depan Munumen Polisi Istimewa.

Para anggota Brimob memberikan suguhan drama kolosal yang merekonstruksi kembali cuplikan peristiwa bersejarah perjuangan Polri di Kota Surabaya pada masa kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Apindo Lampung Rakerkonas ke-33 APINDO di Surabaya, Ini Agendanya

Dalam peringatan Hari Juang Polri ini juga dihadiri para tokoh penting seperti Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sendiri juga para senior Kapolri di masa lalu seperti Da'i Bachtiar, Surojo Bimantoro, Rusmanhadi dll.

Sementara puncak acara diakhiri dengan lantuman lagu Gugur Bunga yang semakin membuat suasana semakin haru dan bangga dihati seluruh undangan yang hadir dalam acara itu.

Baca juga: Hari Juang Polri, Kapolri Dorong Generasi Muda Hadapi Tantangan Zaman dengan Semangat Juang

Tanggal 21 Agustus 2024 kini menjadi hari yang sakral bagi Polri dalam mengenang perjuangannya dalam mengusir pendudukan Kota Surabaya oleh kolonial penjajah.

Kemudian juga ditetapkan hari sakral tersebut didasarkan pada Keputusan Kapolri (KEP) Nomor:KEP/95/I/2024 Januari 2024 tentang Hari Juang Kepolisian Republik Indonesia. **