bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

BPSDM Kemendagri Edukasi Siswa SD Tunas Muda tentang Peran dan Fungsi Pemerintahan

M Ridwan - Nasional
Rabu, 21 Agustus 2024 05:20
    Bagikan  
Kunjungan-
Ist

Kunjungan- - Dalam kunjungan ini, BPSDM Kemendagri mengedukasi siswa SD Tunas Muda tentang peran dan fungsi pemerintahan.

HELOINDONESIA.COM - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerima kunjungan Sekolah Dasar (SD) Tunas Muda pada Selasa (20/8/2024). Dalam kunjungan ini, BPSDM Kemendagri mengedukasi siswa SD Tunas Muda tentang peran dan fungsi pemerintahan.

Kedatangan rombongan SD Tunas Muda diterima langsung oleh Pelaksana Harian (Plh.) Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen Kepemimpinan Tutik Lestari dan didampingi widyaiswara ahli utama serta beberapa perwakilan lainnya.

Dalam kunjungan tersebut, para siswa yang berjumlah sekitar 50 orang dengan penuh antusias bertanya mengenai perbedaan antara kementerian dan departemen. Mereka juga ingin mengetahui lebih lanjut mengenai peran dan fungsi Kemendagri. Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh siswa yaitu alasan Kemendagri begitu penting dalam struktur pemerintahan Indonesia.

Baca juga: Didukung bank bjb, STIE Ekuitas Siap Lahirkan SDM Unggul untuk Industri Perbankan

Menanggapi itu, Tutik Lestari menjelaskan bahwa Kemendagri memiliki peran strategis dalam mengelola urusan pemerintahan dalam negeri. Ini termasuk pembinaan terhadap pemerintah daerah, pengelolaan data kependudukan, dan penataan wilayah.

"Kemendagri adalah tulang punggung dalam menjaga stabilitas dan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia," ujar Tutik.

Sesi tanya jawab ini kemudian ditanggapi juga oleh beberapa pejabat BPSDM Kemendagri. Mereka menjelaskan peran dan tugas masing-masing bidang dalam mendukung fungsi Kemendagri. Setelah sesi interaktif tersebut, para siswa diajak tur keliling Kantor BPSDM Kemendagri agar mengenal lebih dekat berbagai unit kerja dan fungsi yang ada di dalamnya.

Baca juga: Kejaksaan Agung Periksa Dua Saksi Terkait Kasus Korupsi Komoditi Emas

Para siswa mengaku sangat terkesan dengan kunjungan ini. “Saya baru tahu bahwa Kemendagri sangat penting dalam menjaga ketertiban dan mengatur pemerintahan di Indonesia. Ternyata tugas mereka sangat banyak dan penting,” ujar salah satu siswa kelas 6 yang tampak antusias selama kegiatan berlangsung.

Sementara itu, salah satu guru pendamping SD Tunas Muda mengapresiasi penerimaan yang hangat dan edukatif dari BPSDM Kemendagri. “Kunjungan ini sangat berharga bagi siswa-siswa kami. Mereka tidak hanya belajar dari buku, tetapi langsung dari sumbernya,” ungkapnya.

Kunjungan ini diakhiri dengan foto bersama antara siswa, guru pendamping, dan pejabat BPSDM Kemendagri. Melalui kunjungan ini, siswa diharapkan mendapat pemahaman yang lebih baik, mengenai bagaimana pemerintahan bekerja dan peran vital Kemendagri dalam menjaga keutuhan dan kesejahteraan bangsa.