bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tak Hadiri Undangan di IKN Presiden RI Keenam SBY Melukis Pantai Klayar Bersama Ribuan Pelajar di Pacitan

Edo - Nasional
Selasa, 20 Agustus 2024 11:17
    Bagikan  
MELUKIS PANTAI
tangkapan layar

MELUKIS PANTAI - Presiden SBY saat menyelesaikan karya lukisnya di Pantai Klayar, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan

HELOINDONESIA.COM - Pada perayaan HUT RI ke-79 Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY lebih memilih merayaan perayaan itu di kampung halamannya.

Presiden SBY menolak menghadiri acara kenegaraan yang diundang oleh pemerintahan Presiden Jokowi yang menggelar upacara perdana HUT RI ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim.

Namun selama beberapa hari bahkan sebelum tanggal 16 Agustus 2024 SBY sudah tiba di Pacitan bersama rombongan satu angkatan ketika di Akmil.

Baca juga: SBY Tak Hadiri Undangan Upacara Tujuhbelasan di IKN, Tetapi Pilih Menghadiri Upacara HUT RI ke-79 di Pacitan

Kemudian pada perayaan HUT RI ke-79 Presiden SBY dan kawan-kawan mengikuti upacara bendera di halaman Pemkab Pacitan bersama Forkopimda Pacitan.

Pada Senin (18/8/2024) SBY menggelar acara Event Pacitan Menggambar bersama ribuan pelajar mulai dari SD hingga SMK dan komunitas di Pantai Klayar, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Di lokasi ini SBY mengajak generasi muda, anak-anak hingga orang dewasa diajak melukis bersama di kawasan pantai yang indah ini.

Baca juga: Boncengan Tiga Naik Beat Dua Remaja Jombang Tewas Ditabrak Bus Aneka Jaya Jurusan Surabaya-Pacitan

Event Pacitan Menggambar ini digelar bersama SBY sudah dilakukan untuk yang ke-3 kalinya yang disambut antusias para remaja dan anak-anak di wilayah Pacitan.

Selain melukis langsung pemandangan pantai SBY juga membawa beberapa lukisannya yang dipajang di mobil yang terparkir di dekat pantai Klayar bertuliskan SBY ART.

Sementara SBY sendiri pada awal melukis terlihat membuat tenda sederhana berbahan dari paranet agar tidak panas akibat sinar matahari langsung yang siang itu sangat terik.

Baca juga: Mengiring Pengantin Serasa Hiking Naik Turun Gunung, Jalanan Terjal di Wilayah Tegalombo Pacitan

Tenda berukuran tidak terlalu besar di buat di sebelah utara pantai Klayar tepatnya di lokasi dekat tebing pantai Klayar sebelah timur yang indah itu.

Sementara di bawa tenda paranet terdapat meja-ma kecil dipenuhi berbagai macam cat baik dalam tube kemasan kecil hingga ukuran besar di dalam galon ember, dan di dekatnya terdapat berbagai ukuran kuas yang tertata rapi menumpuk di atas meja.

Presiden RI kelahiran Pacitan ini dalam proses melukis lebih banyak menggunakan teknik palet menggunakan tangan langsung, sehingga beberapa kuas yang ada di meja praktis tidak digunakan.

Baca juga: Mobil Avansa Terguling-guling Belasan Kali Masuk Jurang di Tegalombo Pacitan, Begini Kondisi Pengemudinya

Dengan teknik ini diperkirakan akan memberikan mampu memberikan proses penyelesaian lukisan lebih cepat dibanding menggunakan kuas yang membutuhkan konsentrasi untuk membuat gradasi dan detail dalam menggambar pemandang.

Dalam kesempatan itu SBY melukis di atas kanvas berspanram ukuran 2 meter kali 1 meter yang diletakkan di atas easel stand kayu yang kokoh.

SBY dalam melukis tidak sendiri, namun diikuti sejumlah anak-anak pelajar yang turut serta dalam acara menggambar bersama di patai itu.

Baca juga: Waduh! Mobil Warga Madiun Terguling di Jalur Tanjakan Tegalombo Pacitan Karena Rem Ngeblong, Begini Kondisinya

Acara ini memberikan inpirasi bagi anak-anak dalam melukis alam pantai Pacitan yang Indah dan memberikan perasaan senang kepada mereka.

Kehadiran SBY di pantai Klayar juga memberikan atmosfer tersendiri bagi wisatawan yang kebetulan sedang mengunjung pantai Klayar yang eksotik ini.

Baca juga: Kecelakaan Adu Banteng Sepeda Motor Lansia dan Remaja di Pacitan Tewaskan Jarwanto Warga Ngadirojo

Usai menyelesaikan lukisan SBY kemudian mengakhiri kegiatannya dengan menyanyikan lagu berjudul Bintang bersama peserta dan para pendampingnya yang mayoritas para ibu-ibau.

SBY mengungkapkan perasaan senangnya dan rasa terima kasihnya atas atusias dan sambutan dari masyarakat Pacitan yang sedang berada di Pantai Klayar. **