bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tanam Pohon pada Peringatan Hapernas 2024, Menteri Basuki Kolaborasikan Hari Perumahan dengan Hari Habitat

M Ridwan - Nasional
4 jam 17 menit lalu
    Bagikan  
Pohon-
Ist

Pohon- - Tanam Pohon di Ibu Kota Nusantara.

HELOINDONESIA.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono bersama Ibu Kartika Basuki Hadimuljono secara resmi membuka rangkaian kegiatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Ke-16 Tahun 2024 di Ibu Kota Nusantara, Minggu (18/8/2024).

Acara dilaksanakan secara simbolis dengan penanaman pohon di Rumah Susun (Rusun) ASN 4 Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dan secara serentak diikuti seluruh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) di Indonesia.

Menteri Basuki berpesan kegiatan penanaman pohon seperti ini harus rutin dilaksanakan dan tidak hanya saat momen-momen tertentu pada peringat hari besar.

"Pesan saya, sekarang ini memang simbolis 25 pohon ditanam di kawasan Rusun ASN 4, tetapi jangan sampai berhenti di situ hanya sebagai simbol, harus diteruskan sampai hidup dan rindang," kata Menteri Basuki.

Baca juga: Humas Pengadilan Agama Bogor: Adanya Pemberitaan Akta Cerai Diberikan ke Orang Lain, Itu Hoaks

Menurut Menteri Basuki, adanya penanaman pohon menjadi indikator kualitas kawasan hunian. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menyatakan air quality indeks di IKN sangat bagus dan bersih sehingga mewujudkan kawasan yang sehat.

"Hari ini kita tanam pohon secara simbolis di Rusun ASN 4 IKN yang akan menjadi mock up hunian bagi rusun-rusun lain. Jadi ketika pohonnya besar para penghuni bisa keluar ke taman dan tidak hanya di dalam rusun saja. Bisa digunakan untuk tempat bersosialisasi, berinteraksi antar penghuni rusun, sehingga hidup lebih sehat dan nyaman," kata Menteri Basuki.

Unruk itu, Menteri Basuki mengajak seluruh balai Kementerian PUPR, termasuk seluruh stakeholders dan masyarakat untuk lebih semangat melakukan program penghijauan di lingkungannya. Diharapkan dengan adanya pohon penghijauan selain membuat udara di sekitar rumah lebih sejuk juga membuat penghuni lebih sehat dan nyaman.

Menteri Basuki juga menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan peringatan Hapernas tahun ini yang telah mengawali kegiatan dengan menanam pohon. Menteri Basuki berharap ke depan peringatan Hapernas dapat dikolaborasikan dengan Peringatan Hari Habitat sehingga tidak hanya memaknai upaya penyediaan perumahan bagi masyarakat, tetapi juga membangun kebersamaan untuk menjaga lingkungan dengan baik.

Baca juga: Kurang Peminat, KLB Versi Pecatan Pengurus PWI Pusat Diramaikan Tim Hore

"Kita semua harus memiliki kebiasaan atau habit menanam pohon dengan baik. Dari data SITAMU (Sistem Pemantauan Tanaman Bermutu) pohon yang ditanam Kementerian PUPR setidaknya hampir mencapai 1 juta pohon diberbagai infrastruktur yang dibangun," kata Menteri Basuki.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menyampaikan selama dua tahun terakhir peringatan Hapernas selalu menekanan tema utama yakni kolaborasi. Kerjasama yang dimaksud adalah menumbuhkan semangat mitra-mitra di sektor perumahan agar lebih berinisiatif bahwa infrastruktur perumahan menjadi hal penting bagi kehidupan masyarakat.

"Kegiatan penanaman pohon kami kedepankan untuk mengingatkan kita bahwa urusan pembangunan perumahan bukan hanya fisik rumah saja tapi juga harus andal dan memiliki aspek tahan gempa dan green, yakni mendukung lingkungan rumah agar lebih hijau dan nyaman. Tidak hanya layak huni, tetapi layak sehat dan nyaman," kata Iwan Suprijanto.

Baca juga: 2 Ton Ikan Dilepas, Masyarakat Kota Tangerang Nikmati Mancing Gratis di HUT RI ke-79

Acara pembukaan Peringatan Hapernas 2024 turut dihadiri Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti dan Dirut PT Brantas Abipraya Sugeng Rochadi.