bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pimpin Rapat Forkopimda, Benyamin: Siapkan Mitigasi dalam Hal Apapun Jelang Pilkada Serentak

M Ridwan - Nasional
Selasa, 13 Agustus 2024 05:34
    Bagikan  
Pemkot Tangsel-
Ist

Pemkot Tangsel- - Salah satunya menyiapkan mitigasi terhadap netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

HELOINDONESIA.COM - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menekankan untuk menyiapkan mitigasi dalam hal apapun terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Tangerang Selatan.

Hal tersebut disampaikan olehnya saat memimpin Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan, dan Sekretaris Daerah Bambang Noertjahjo, serta instansi vertikal lainnya yang digelar di Grand Zuri Serpong, pada Senin (12/08/2024).

"Saya minta koordinasi dilaksanakan dengan tepat. Semua kita harus mitigasi sejak awal dengan catatan kita tidak intervensi terhadap tugas KPU dan Bawaslu. Tetapi, semua potensi yang melanggar aturan dan seterusnya, kita mitigasi sejak awal," ucapnya.

Baca juga: Satgas SIRI Berhasil Amankan Buronan Kasus Korupsi Asal Samarinda

Salah satunya menyiapkan mitigasi terhadap netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan mengeluarkan surat edaran.

"Saya minta kepala OPD ini mengawasi semua staffnya agar tidak melanggar aturan KPU dalam Pilkada ini. Kalau nanti gak ngerti ya undang Bawaslu ke kantor kita. Saya minta betul-betul ASN di Tangsel ini bersikap netral," ujarnya.

Selain itu, Benyamin juga mengingatkan Satpol PP untuk nantinya menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK). Di mana penurunan itu berdasarkan instruksi Bawaslu yang harus dilakukan sesuai aturan.

Baca juga: Pendatang Baru Lista-Ariza Tumbangkan Petahana dalam Survei Tahap III Perwatas di Pilkada Tangsel 2024

"Jadi mulai tanggal sekian, jam sekian, ini bisa dilaksanakan dengan baik soal penurunan APK. Bentuk tim, kalau perlu minta bantuan dari Dishub atau DLH. Ini harus menjadi perhatian, jangan sampai ada yang tersisa, nantinya bisa melanggar aturan," ucapnya.

Beliau juga menginstruksikan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tangsel untuk memperhatikan soal isu-isu hoax jelang Pilkada. Bahkan, ia berharap Diskominfo bisa melakukan kerja sama dengan Cyber Polri untuk menangani berita-berita yang simpang siur.

Baca juga: Sultan Palembang Serahkan Al-Quran Bebaso di Acara Spectarion di SMA Negeri 6 Palembang

"Takedown aja, soalnya ini yang paling sulit dicegah. Saya kira Kominfo nanti sama cyber Polri bisa melakukan penanganan. Saya berharap Pilkada di Tangsel bisa berjalan dengan lancar, aman, jujur, adil dan sebagainya, serta angka partisipasi pemilih meningkat," tutupnya.