bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Dukung Program Jaga Salira, Benyamin: Komitmen ASN Tangsel Lindungi Kelompok Kerja Rentan

M Ridwan - Nasional
3 jam 7 menit lalu
    Bagikan  
Pemkot Tangsel,
Ist

Pemkot Tangsel, - Program Jaga Salira.

HELOINDONESIA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) mendukung program Jaga Salira (Jaminan Ketenagakerjaan Pekerja Sekitar dan Keluarga) dari BPJS ketenagakerjaan sebagai komitmen dan kontribusi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkot Tangsel dalam melindungi kelompok pekerja rentan.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Benyamin Davnie usai memperkenalkan program Jaga Salira yang digelar di Swiss-Belhotel, Serpong, pada Rabu (07/08/2024).

"Jaga Salira ini intinya adalah perlindungan bagi keluarga dan sekitarnya. Di keluarga-keluarga itu kan ada orang-orang yang membantu mendapatkan upah dan membantu keluarga-keluarga, dan itu yang kita lindungi," ucap Benyamin.

Baca juga: Nikmatnya Ngopi Pagi

Nantinya, kontribusi perlindungan dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Tangsel kepada masyarakat pekerja minimal 1 orang, dengan besaran iuran sejumlah Rp16.800 per orang tiap bulannya.

Tentunya, dari Jaga Salira ini dapat menggerakan kepedulian dan gotong royong, mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) dan meringankan beban APBD.

Diterangkan Benyamin, konsep program Jaga Salira sudah dilakukan Pemkot Tangsel untuk penggali kubur, marbot Masjid dan lainnya yang memang butuh perlindungan ketenagakerjaan.

Baca juga: Bidang Perdesaan jadi Prioritas Nasional di RPJMN 2025-2029

"Ya itu kita sudah lakukan ke penggali kubur, marbot Masjid, ketua RT/RW, pegawai honorer, yang belum itu atlet olahraga, kemudian sektretaris dan bendahara RT dan RW, ini juga harus diperhatikan. Insyaallah tahun depan kita siapkan APBDnya," terangnya.

Secara data, pekerja rentan yang telah dicover sebanyak puluhan ribu oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

"Paling tidak yang dicover itu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian. Jadi gak usah pusing nanti dicover sama APBD," tandasnya.

Baca juga: Kejaksaan Agung Periksa 5 Saksi Terkait Kasus Korupsi Komoditi Emas

Sementara itu, apresiasi disampaikan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang Selatan, Rina Umar, atas kepedulian Pemkot Tangsel di bawah kepemimpinan Wali Kota Benyamin Davnie dan Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan yang mendukung perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja.

Lebih lanjut, launching Jaga Salira ini menjadi bukti kolaborasi dan sinergi antara BPJS Ketenagakerjaan cabang Tangerang Selatan dan Pemkot Tangsel dalam upaya meningkatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Sesuai dengan amanah Undang-undang nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dan Instruksi Presiden No.2 tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan," jelasnya.

Baca juga: Bos Kafe Melarang Orang Muslim Masuk, Mike Tyson dan 2 Temannya Nekat Sholat, Pelayan dan Security Cuma Bengong

Dukungan yang luar biasa dari Pemkot Tangsel telah dibuktikan, sebanyak 82.577 tenaga kerja yang terdiri dari Non-ASN, perangkat RT/RW, penyelenggara pemilu 2024, kader kesehatan, amil zakat, marbot, guru ngaji, majelis taklim, relawan pemadam kebakaran, hingga pekerja rentan miskin telah terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tangsel.

Kedepan, inovasi telah hadir yakni program Jaga Salira, merupakan wujud nyata kepedulian pekerja terhadap tenaga kerja lainnya yang berada di sekitar tempat tinggal dan lingkungan tempat kerja Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

"Ada 7.600 Aparatur Sipil Negara dan P3K di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang berkontribusi dalam program Jaga Salira yang akan menjadi contoh masyarakat umum, betapa pentingnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan," tutupnya.