bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Bantu Wartawan Dikriminalisasi, OC Kaligis dan Ronny Sompie Perkuat LKBPH PWI Pusat

M. Haikal - Nasional
2 jam 0 menit lalu
    Bagikan  
LKBPH PWI
Foto: Heloindonesia

LKBPH PWI - OC Kaligis dan Ronny Sompie perkuat LKBPH PWI untuk membantu para wartawan yang menjadi korban kriminalisasi.

HELOINDONESIA.COM - Jajaran advokat dan konsultan hukum pada Lembaga Konsultan Bantuan dan Penegakan Hukum Persatuan Wartawan Indonesia (LKBPH PWI) Pusat semakin kuat dengan bergabungnya advokat senior, Prof. Dr. Otto Cornelis Kaligis, S.H., M.Hum., LL.M., dan Irjen. Pol. (Purn.) Dr. Ronny Franky Sompie, S.H., M.H., sebagai dewan penasihat.

OC Kaligis merasa bangga bisa bergabung dengan LKBPH PWI Pusat dan siap membantu penanganan kriminalisasi profesi wartawan. 

"Silakan datang ke kantor saya," kata OC Kaligis di Gedung Pers Lantai 4, Jalan Kebon Sirih No. 34, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Agustus 2024.

Ronny Sompie, yang juga bergabung sebagai penasihat, menyatakan bahwa LKBPH PWI Pusat didirikan untuk membela wartawan. 

Baca juga: Kebakaran Hutan di Bungkal dan Sambit Ponorogo Mengancam Puluhan Rumah Penduduk, Anda Harus Selalu Waspada

"Sebuah kehormatan bergabung menjadi keluarga besar PWI," ujar Sompie.

Pada kesempatan tersebut, OC Kaligis membagikan buku karyanya yang berjudul Prabowo Gibran, Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 (Studi Kasus) yang khusus ditandatanganinya. 

OC Kaligis didapuk menjadi ketua dewan penasihat, sementara Ronny Sompie mendampingi sebagai wakil ketua dewan penasihat.

Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, didampingi Sekjen Iqbal Irsyad, menyambut kedatangan pengacara senior OC Kaligis dan mantan Kadiv Humas Polri Irjen Pol (Purn) Ronny Sompie di Kantor PWI Pusat. 

Baca juga: Bupati Lamtim M Dawan Rahardjo Terima Duplikat Bendera Pusaka di Jakarta

Kedatangan mereka bertujuan untuk memperkuat personel LKBPH PWI Pusat.

Dalam sambutannya, Hendry menyatakan bahwa LKBPH PWI adalah lembaga yang dibentuk sesuai amanat Kongres Bandung untuk membantu wartawan ketika menghadapi masalah hukum. 

"Ada risiko ketika wartawan menjalankan tugas, dan LKBPH siap membantu wartawan menghadapi risiko tersebut," terang Hendry.

Hendry memberikan contoh kasus kekerasan wartawan yang terjadi di Sumatra Utara dan menegaskan bahwa LKBPH hadir untuk memberikan advokasi dan bantuan hukum. 

Baca juga: Mingrum Hadiri Rapat Bendungan Marga Tiga di Pemprov Lampung

"Hal-hal seperti itulah yang membuat LKBPH hadir," tambahnya.

OC Kaligis yang didapuk menjadi Ketua Dewan Penasihat LKBPH sangat mendukung kehadiran LKBPH. 

"Pengacara dan wartawan adalah profesi yang harus saling mendukung. Bagaimana kerja kita diketahui jika tidak ada pemberitaan dari wartawan," tutur Kaligis. "Di LKBPH, saya siap membantu," tambahnya.

Ronny Sompie juga menyatakan terima kasih atas undangan dan ajakan untuk bergabung di LKBPH PWI Pusat. 

Baca juga: Jaksa Agung ST Burhanuddin Lantik Dr. Rudi Margono Sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI

"Ini adalah kesempatan baik untuk bersama-sama berkontribusi, terutama pemikiran yang bisa mendukung kegiatan LKBPH," terang Ronny.

LKBPH PWI merupakan bagian dari penegakan hukum ketika memberikan advokasi kepada masyarakat, khususnya kepada wartawan yang menghadapi masalah hukum di lapangan. 

"Khususnya kepada teman wartawan ketika menghadapi masalah hukum di lapangan," tandasnya.

Untuk menindaklanjuti peristiwa kekerasan wartawan di Sumatra Utara, LKBPH akan mengajak OC Kaligis dan Ronny Sompie bergabung dalam tim investigasi dan akan melakukan pendalaman materi serta kunjungan ke Mabes Polri dan Sumatera Utara untuk mendapatkan data lebih lanjut.