bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Bangun Ribuan Septictank, Program Unggulan Pemkot Tangsel Hadirkan Lingkungan Sehat

M Ridwan - Nasional
2 jam 7 menit lalu
    Bagikan  
Pembangunan,
Ist

Pembangunan, - Pemkot Tangsel Bangun Ribuan Septictank.

HELOINDONESIA.COM - Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, menegaskan komitmen pemerintah kota dalam meningkatkan kesehatan lingkungan melalui program bedah tangki septik atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), serta mensejahterakan masyarakat.

Dalam pernyataannya, Benyamin menyoroti pentingnya pengelolaan pembuangan limbah domestik yang sering diabaikan oleh masyarakat.

"Fokus perhatian saya adalah kesehatan lingkungan. Ini yang kita maksudkan dengan bedah septictank atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini," ujar Benyamin usai melakukan monitoring pembangunan septictank individual adalah di Kelurahan Mekar Jaya, RT 05/03 Rawa Mekar Jaya, Serpong pada Selasa (06/08/2024).

Baca juga: Kejagung Tetapkan DP Sebagai Tersangka Baru dalam Kasus Tol Japek II Elevated

Program ini bertujuan untuk memastikan limbah rumah tangga dikelola dengan baik sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar.

Pada tahun sebelumnya, sebanyak 1.800 titik tangki septik telah dibangun, dan tahun ini ditargetkan 860 titik tambahan dibangun di seluruh wilayah di Tangsel.

"Insyaallah tidak ada kebocoran karena tampungannya terbuat dari fiber, dilengkapi dengan mesin dan bakteri penghancur feses. Kalaupun ada gas yang keluar, itu sudah tidak lagi mengandung polusi," jelas Benyamin.

Baca juga: Kejaksaan Agung Periksa Saksi dalam Kasus Dugaan Korupsi Komoditi Emas

Benyamin juga menekankan bahwa tangki septik yang dibangun mampu bertahan puluhan tahun karena terbuat dari bahan fiber yang kuat.

Masyarakat hanya perlu menyedot tangki septik setiap 5-7 tahun, berbeda dengan sistem konvensional yang memerlukan pembuangan tahunan.

"Secara ekonomi, ini juga membantu masyarakat," tambahnya.

Baca juga: Ketua Mahkamah Agung Lantik Ketua Muda Pembinaan dan Ketua Muda Agama

Program ini tidak hanya terbatas pada rumah-rumah yang secara fisik kurang baik, tetapi juga mencakup rumah-rumah yang sudah bagus namun membutuhkan perbaikan sistem tangki septiknya.

Benyamin menjelaskan bahwa banyak tangki septik di masyarakat tidak memiliki sistem pembuangan yang memadai, sehingga program ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi tersebut.

"Dengan septictank dari fiber yang dilengkapi dengan bakteri penghancur, udara yang keluar sudah menjadi udara sehat dan tidak berbau, meskipun berada dekat dengan lokasi," kata Benyamin.

Baca juga: Bacaan Doa Istinja dan Artinya Beserta Tata Caranya!

Program bedah tangki septik ini sudah memasuki tahun kedua pelaksanaannya dan telah menunjukkan hasil yang positif.

Program ini diharapkan dapat terus berlanjut dan memperluas cakupannya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Tangerang Selatan.