bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Ketua Mahkamah Agung Lantik Ketua Muda Pembinaan dan Ketua Muda Agama

M Ridwan - Nasional
2 jam 37 menit lalu
    Bagikan  
Pelantikan,
Ist

Pelantikan, - Kedua Hakim Agung tersebut bersumpah akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan mematuhi semua peraturan perundang-undangan, serta berbakti kepada nusa dan bangsa.

HELOINDONESIA.COM - Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. telah mengambil sumpah jabatan dan melantik Syamsul Maarif, S.H., LL.M., Ph.D. sebagai Ketua Muda Pembinaan Mahkamah Agung dan Dr. Yasardin, S.H., M.Hum. sebagai Ketua Muda Agama Mahkamah Agung. 

Acara pelantikan ini berlangsung pada Selasa (6/8/2024) di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta.

Pelantikan ini didasarkan pada Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 77/P Tahun 2024, yang ditandatangani pada 23 Juli 2024. 


Kedua Hakim Agung tersebut bersumpah akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan mematuhi semua peraturan perundang-undangan, serta berbakti kepada nusa dan bangsa.

Acara pelantikan dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial, para Ketua Kamar Mahkamah Agung, pejabat eselon 1 dan 2, pengurus Dharmayukti Karini, serta tamu undangan lainnya.

Profil Syamsul Maarif dan Yasardin

Syamsul Maarif, kelahiran Mojokerto, 26 September 1957, adalah mantan Ketua Komisi Persaingan Usaha yang dilantik menjadi Hakim Agung pada 12 Desember 2008. Ia menggantikan posisi Prof. Dr. Takdir Rahmadi, S.H., LL.M., yang memasuki masa purnabakti pada 24 Juni 2024. 

Syamsul adalah alumni McGill University dan dikenal sebagai akademisi aktif yang mengajar di berbagai universitas, termasuk Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, dan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Bidang keahliannya meliputi Hukum Ekonomi, Hukum Perdagangan Internasional, Hukum Persaingan Usaha, Perlindungan Konsumen, Kontrak Internasional, Penalaran dan Logika Hukum, serta Hukum Ekonomi (Economic Analysis of Law). Selain itu, Syamsul juga aktif dalam Kelompok Kerja Kemudahan Berusaha Mahkamah Agung dan merupakan Wakil Koordinator Tim Pembaharuan Mahkamah Agung.


Yasardin, kelahiran Kaur, 10 November 1959, adalah Hakim Agung Kamar Agama yang dilantik menjadi Hakim Agung pada 7 November 2017. Ia menggantikan Prof. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M., yang memasuki masa purnabakti pada 2 Mei 2024. 

Yasardin adalah alumni Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan juga berperan sebagai pengajar di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Mahkamah Agung RI, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Universitas Jayabaya, dan Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Pada 15 November 2022, Yasardin terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) untuk masa bakti 2022-2025. Jabatan yang pernah diembannya antara lain Panitera Pengganti pada Pengadilan Agama Klungkung Bali, Wakil Ketua Pengadilan Agama Curup Bengkulu, Ketua Pengadilan Agama Depok Jawa Barat, Ketua Pengadilan Agama Jakarta Selatan, dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten.


Dengan pelantikan ini, diharapkan Syamsul Maarif dan Yasardin dapat membawa Mahkamah Agung ke arah yang lebih baik melalui dedikasi dan pengalaman mereka di bidang hukum.