bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Gibran Dijadwalkan Hadiri Pembukaan Porwanas XIV, Ketum PWI Pusat Hendry Bangun : Kita Sukseskan Bersama, Ini Kerja Besar PWI

M Ridwan - Nasional
3 jam 46 menit lalu
    Bagikan  
Porwanas,
Ist

Porwanas, - Ajang yang berlangsung tiga tahunan ini sebelumnya berlangsung di kota Malang Jawa Timur.

HELOINDONESIA.COM - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun memberikan apresiasi kepada Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Pusat dan Siwo Kalimantan Selatan yang telah mempersiapkan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV/2024 di Banjarmasin Kalimantan Selatan pada 19-26 Agustus 2024.

“Saudara Agus selaku Ketua Siwo PWI Pusat beserta Pengurus Harian sudah melaporkan persiapan Porwanas Banjarmasin 2024. Semua berjalan sesuai rencana, diperkirakan lebih dari 2.000 peserta akan hadir. Saya selaku Ketua Umum PWI Pusat sangat mengapresiasi kerja keras semua pihak. Ini kerja besar PWI, Siwo dan Pemprov Kalimantan Selatan. Ayo kita sukseskan bersama,” ujar Hendry di dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (30/7).

Porwanas adalah ajang tertinggi silaturahmi dan unjuk prestasi wartawan olahraga dari 38 Siwo PWI Provinsi dan satu Siwo PWI Surakarta. Selain Siwo Provinsi, Porwanas juga diikuti oleh Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Se-Indonesia. Ajang yang berlangsung tiga tahunan ini sebelumnya berlangsung di kota Malang Jawa Timur.

Baca juga: Wow Keren Siswa Indonesia Raih Tiga Penghargaan Pada World Schools Debating Championship (WSDC) 2024 di Serbia

Porwanas XIV Banjarmasin mempertandingkan total 14 cabang olahraga yaitu : atletik, badminton, balogo, biliar, bridge, catur, e-sport, domino, futsal, tenis lapangan, tenis meja, karya jurnalistik, dan dua cabor IKWI : karaoke dan tenis meja.

Ketua Siwo PWI Pusat Agus Susanto menjelaskan seluruh 39 Siwo se-Indonesia menyatakan ikut berpartisipasi dan telah menyerahkan nomor lomba yang akan diikuti hingga panutupan Entry by number pada pertengahan Juli. Tim verifikasi juga hingga saat telah menerima data peserta. “Hingga Minggu ketiga Juli 2024, tim verifikasi dan keabsahan telah menerima Entry by name sebanyak 31 dari 39 Siwo Se-Indonesia,” ujar Agus.

“Siwo Provinsi yang masih dalam proses mendaftarakan nama pemain adalah Kalimatan Utara, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Pegunungan, Papua Selatan, Sulawesi Barat dan Papua Barat Daya,” tambah Agus.

Baca juga: Polisi Amankan Tiga Koper Berisi Narkoba dari Tangan Pengedar, Ngaku Dapat Paket dari Terminal Kalideres 

Pembukaan Porwanas XIV/2024 dijadwalkan akan berlangsung pada Selasa (20/8) di Gedung Olahraga (GOR) Paman Birin kompleks Perkantoran Pemprov Kalsel kota Banjarbaru.

Sebelumnya pada Jumat (26/7) malam jajaran pengurus PWI Kalimantan Selatan secara kompak mendampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar menyerahkan surat undangan pembukaan Porwanas kepada Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka. Selain menyerahkan undangan, Roy juga menyampaikan salam hormat Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor (yang akrab disapa dengan Paman Birin) yang disambut hangat oleh Gibran.

"Undangan kami terima dan salam untuk Gubernur Kalsel," timpal Gibran sembari menerima undangan di sela pisah sambut Walikota Surakarta, di Taman Balekambang, Kota Solo.

Baca juga: Gasak Helm Mahal Belasan Kali, Uangnya Dibeliin Sabu, Kini Nggak Maling Lagi Pelaku Ditangkap Polisi

Selain undangan, Roy juga menyerahkan maskot Porwanas, yakni Kijang Mas kepada Mas Wapres. “Ini Maskot Porwanas berupa Kijang Mas, yang keberadaanya sudah langka,” kata Roy.

Tampak mendampingi Sekda, Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Budiono, Ketua SIWO PWI Kalsel, Irwansyah, Ketua DK PWI Kalsel, Fitrie Anshorullah.