bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Wujudkan Kota Sehat untuk Masyarakat, Pemkot Tangsel Bangun 800 Tangki Septik

M Ridwan - Nasional
6 jam 2 menit lalu
    Bagikan  
Pembangunan,
Ist

Pembangunan, - Dibangun 800 Tangki Septik.

HELOINDONESIA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) terus melanjutkan berbagai pembangunan infrastruktur untuk mewujudkan kehidupan yang layak bagi masyarakat.

Setelah program bedah rumah, Pemkot Tangsel di bawah kepemimpinan Wali Kota Benyamin Davnie dan Wakil Wali Kota Pilar Saga Ichsan melanjutkan pembangunan tangki septik sebanyak 800 titik.

"Alhamdulillah hari ini saya meresmikan pembangunan atau rehabilitasi septic tank di Tangerang Selatan, kurang lebih ada 800 titik yang tahun 2024 ini," ucap Benyamin usai melakukan serah terima tangki septik, di wilayah Benda Baru, Pamulang, pada Selasa (30/07/2024).

Baca juga: Kejaksaan Agung Periksa Saksi dalam Kasus TPPU Emas Surabaya

Pembangunan ini kata Benyamin, tentunya mengubah pembuangan yang dilakukan secara tradisional. Ia bahkan menyebut penggunaan teknologi dalam pembangunan tangki septik yang baru.

"Sehingga pengolahan kotoran di dalam septic tank ini diolah dengan teknologi dan bakteri dan keluarnya air dan udara yang tidak membahayakan," ucapnya.

Dijelaskan olehnya, pembangunan tangki septik merupakan lanjutan dari tahun sebelumnya. Di tahun 2023, Pemkot Tangsel telah membangun 1.800 tangki septik, dan di 2024 sebanyak 800 titik.

Baca juga: Sidang Perdana Kasus Komoditas Timah Dijadwalkan Pada Hari Rabu 31 Juli 2024

"Tahun depan kita lanjutkan lagi sesuai dengan permintaan dari masyarakat. Septic tank ini dengan bahannya terdiri dari fiber kemudian ada bakteri yang ditanam di situ," ujarnya.

Menurut Benyamin, program ini sebagai komitmen dalam mewujudkan kota sehat, selain program bedah rumah yang sudah dilakukan.

"Ini merupakan kelanjutan dari program kota sehat, kelanjutan dari program bedah rumah dan untuk meningkatkan angka harapan hidup masyarakat, menciptakan lingkungan yang sehat," jelasnya.

Baca juga: Aset bank bjb Tumbuh 16,6 Persen, Selangkah Lagi Menjadi 10 Bank Terbesar di Indonesia

Soal target kata Wali Kota Tangsel, program tangki septik ini akan dilanjutkan di tahun 2025 dengan sasaran yang bisa lebih besar.

"Kalo untuk indeksnya 1 tangki septik sebesar 10 juta rupiah," tutupnya.

Sementara itu, penerima program tangki septik gratis, Sevi dari Benda Baru menyampaikan apresiasi ke Pemkot Tangsel berkat programnya.

Baca juga: Komisi Kejaksaan Kirim Tim Ke Surabaya Kawal Upaya Kasasi Vonis Bebas Ronald Tannur 

Menurutnya, hal ini (tangki septic-red.) sering luput dari perhatian pemerintah, tetapi Pemkot Tangsel menaruh prioritas penting terhadap penataan kota sehat.

"Pertama saya sampaikan ucapan terima kasih ke Pemkot Tangsel. Jujur ini sangat bermanfaat sekali buat kami," ucap Sevi.

"Saya doakan Tangsel semakin maju lagi, bisa lebih jadi kota yang menjadi contoh di negeri ini," tambahnya.