Helo Indonesia

BSKDN Kemendagri Tekankan Pentingnya Kualitas Rekomendasi Kebijakan untuk Sukseskan Program Nasional

M Ridwan - Nasional
2 jam 32 menit lalu
    Bagikan  
Kemendagri,
Ist

Kemendagri, - BSKDN terus berupaya mendorong peningkatan kualitas rekomendasi kebijakan melalui basis data yang matang dan penuh pertimbangan.

HELOINDONESIA.COM - Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menekankan pentingnya kualitas rekomendasi kebijakan sebagai faktor kunci dalam menyukseskan program-program nasional pemerintah. Hal ini disampaikan Sekretaris BSKDN Noudy R.P. Tendean saat mewakili Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo memimpin Rapat Pengumpulan Data dan Informasi terkait Pembangunan Lingkungan Hidup, Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim dalam Mendukung Program Prioritas Nasional.

"Berbagai isu nasional seperti kemiskinan ekstrem, stunting, kita bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait agar menghasilkan rekomendasi kebijakan yang berkualitas," terang Noudy di Aula BSKDN, Jakarta, Senin (22/7/2024).

Dia melanjutkan, BSKDN terus berupaya mendorong peningkatan kualitas rekomendasi kebijakan melalui basis data yang matang dan penuh pertimbangan. Rekomendasi kebijakan yang berkualitas tidak hanya didasarkan pada data, tetapi juga mempertimbangkan berbagai aspek serta dampak panjang yang akan ditimbulkan.

Baca juga: Oh Ini Ternyata Manfaat Buah Pepaya !

"Hasil-hasil kajian akan disampaikan sebagai rekomendasi kebijakan kepada Bapak Menteri (Menteri Dalam Negeri), untuk itu harus betul-betul disiapkan dengan matang sehingga mewakili kepentingan masyarakat," jelasnya.

Salah satu program prioritas pemerintah yaitu menyangkut pembangunan lingkungan hidup, ketahanan bencana, dan perubahan iklim. Menurutnya, program tersebut telah lama menjadi perhatian BSKDN. Noudy mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah kajian terkait program prioritas nasional tersebut. "Kita berkomitmen untuk mengambil peran menyukseskan program prioritas nasional melalui hasil rekomendasi yang tepat dan lebih baik," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Noudy juga mengimbau kepada jajaranya untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak agar peluang terciptanya inovasi yang mendukung program nasional terbuka semakin lebar. "Salah satunya [upaya menghasilkan rekomendasi kebijakan yang berkualitas] adalah dengan memperkuat kapasitas analisis dan riset melalui kerja sama dengan berbagai lembaga riset, termasuk juga perguruan tinggi," tegasnya.

Baca juga: Kunjungi Mahkamah Agung, Menteri AHY Harapkan Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan di Back Up Penuh

Lebih lanjut, guna menyukseskan prioritas program nasional, BSKDN juga berkomitmen terus mendorong berbagai inisiatif dan program kerja yang berkelanjutan. Hal tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan program-program nasional, sehingga akan berjalan lebih efektif dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

"Ke depan kami akan memperluas kolaborasi dengan berbagai universitas baik di dalam negeri maupun di luar negeri agar kita terus terpacu menghasilkan rekomendasi yang tepat, efektif, dan efisien," pungkasnya.