Helo Indonesia

Berikan Pembinaan Sekolah Adiwiyata di Tangsel, Pilar: Cetak Generasi Peduli Lingkungan

M Ridwan - Nasional
Sabtu, 20 Juli 2024 11:06
    Bagikan  
Pembinaan,
Ist

Pembinaan, - Melakukan pembinaan terhadap generasi-generasi muda yang cinta akan lingkungan harus dilakukan secara konsisten.

HELOINDONESIA.COM - Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga Ichsan menekankan lewat sekolah Adiwiyata diharapkan mampu mencetak generasi yang peduli akan alam, maupun lingkungan.

Hal tersebut disampaikan olehnya saat memberikan pembinaan sekolah Adiwiyata tingkat nasional di SMPN 5 Tangsel, pada Jumat (19/07/2024).

"Kalau alumni SMPN 5 Tangsel tidak peduli akan lingkungan, sama saja bohong. Jadi apa yang kita lakuin ini malah hanya ceremonial semata. Kalau mau Adiwiyata ini sukses, lihat ini generasi peduli apa nggak sama lingkungan ya," ucapnya.

Baca juga: Jemaah Umrah Kini Wajib Vaksinasi meningitis

Menurutnya, melakukan pembinaan terhadap generasi-generasi muda yang cinta akan lingkungan harus dilakukan secara konsisten. Bahkan kata Pilar, masyarakat juga harus menyadari hal ini menjadi bentuk tanggung jawab bersama dalam mencetak generasi di lingkungan yang peduli terhadap kebersihan dan alam.

"Inilah pentingnya sekolah Adiwiyata, bukan hanya sekadar kita mendapatkan predikat, tetapi itu ditanamkan dalam diri kita supaya menjadi kebiasaan kita sehari-hari," ujarnya.

Lebih lanjut, kebiasaan baik terhadap lingkungan yang didapat dari sekolah Adiwiyata, diharapkan pula dilakukan di rumah masing-masing siswa.

Baca juga: Tampilkan Keanekaragaman Budaya, Peserta PKA Angkatan IV dan Bimtek SPM PPSDM Makassar Kenakan Pakaian Adat

Sehingga membentuk hal positif bahkan tidak hanya di sekolah, tetapi mampu diterapkan di lingkungan dimana pun para siswa berada.

"Penting sekali hal seperti ini, jangan dianggap remeh apa yang kita lakukan hari ini, karena ini sangat bermanfaat ke depan," tutupnya.