Helo Indonesia

Bangun Ekosistem Digital, Wamen Nezar Patria Dorong PT Ambil Peran

M Ridwan - Nasional
9 jam 52 menit lalu
    Bagikan  
Digital,
Ist

Digital, - Perguruan Tinggi Ambil Peran Digital.

HELOINDONESIA.COM - Pengembangan talenta digital di daerah menjadi bagian dari pengembangan ekosistem masyarakat yang cakap digital.

Oleh karena itu, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mendorong perguruan tinggi mengambil peran dalam pengembangan sumberdaya manusia bidang digital.

“Selain kecakapan digital, kita juga ingin mereka (peserta pelatihan talenta digital) yang sudah skillfull nantinya dalam pelatihan-pelatihan ini bisa menjadi pandu digital dan bisa mengembangkan ekosistem masyarakat digital yang ada di Aceh,” ungkapnya dalam Acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Kominfo dengan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat di Press Room Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (15/07/2024).

Baca juga: Mendagri Dorong Pemda Tingkatkan Produksi Beras

Wamen Nezar Patria mengharapkan nota kesepahaman itu akan ditindaklanjuti dengan serangkaian kegiatan yang lebih konkret, aktivitas yang bisa diukur, serta berbagai capaian program pelatihan kecakapan digital.

“Kita berharap nota kesepahaman ini bukan hanya mencakup kerja sama pengembangan literasi maupun kecakapan digital, tapi juga memayungi kerja sama dalam pelatihan sivitas UIN Ar-Raniry untuk turut dapat menjadi trainers atau pandu digital,” tuturnya.

Wamenkominfo mengapresiasi komitmen dan peran seluruh pihak di Provinsi Aceh dalam upaya mengembangkan sumberdaya manusia bidang digital. Menurutnya, ke depan pengembangan kecakapan masyarakat digital diarahkan untuk memperkuat ekosistem bisnis digital di Aceh.

Baca juga: Tinjau Pemusatan Atlet Muaythai untuk PON Aceh-Sumut, Ketua DPD RI Optimis Kontingen Jatim Pertahankan Predikat Juara Umum

“Oleh karena itu, salah satu tujuan nota kesepahaman ini saya kira akan diarahkan ke sana sehingga betul-betul menjadi momentum pembangunan sumberdaya manusia nasional Indonesia dan khususnya yang ada di Aceh,” tandasnya.

Wamenkominfo Nezar Patria juga berharap kerja sama Kementerian Kominfo dan UIN Ar-Raniry dalam menyediakan talenta digital menjadi katalisator mendorong inovasi kemajuan daerah yang lebih baik.

Baca juga: Menteri AHY Gebuk Mafia Tanah di Kabupaten Grobogan dan Kota Semarang, Selamatkan Potensi Kerugian Rp3,41 Triliun

“Karena ini dapat menjadi katalisator yang mampu mendorong inovasi pertumbuhan dan keberlanjutan, baik bagi masyarakat Aceh maupun bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan,” ujarnya.