Helo Indonesia

Penampilan Seni Budaya di Rangkaian Penutupan APKASI Otonomi EXPO 2024

M Ridwan - Nasional
Jumat, 12 Juli 2024 11:46
    Bagikan  
Seni Budaya,
Ist

Seni Budaya, - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi EXPO tahun 2024.

HELOINDONESIA.COM - Kegiatan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi EXPO tahun 2024 yang berlangsung sejak 10 Juli akan segera ditutup pada Jumat, 12 Juli 2024.

Penutupan acara tahunan ini dirangkaikan dengan beberapa selingan acara di antaranya penampilan seni budaya untuk beberapa daerah.

Beberapa peserta tari yang berkesempatan tampil di acara puncak ini di antaranya dari daerah Sleman, Morowali Utara, Serang, Bogor dan Kolaka.

Baca juga: Mengkonsumsi Buah Kecubung dapat Menyebabkan Keracunan Hingga Kematian

Penari dari Kabupaten Sleman tampil sebagai peserta pertama dengan menampilkan tarian bertema Tari Labuhan Merapi.

Tarian ini memiliki makna filosofis sebagai bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang berdiri di atas nilai-nilai filosofis yang mengakar dan terus tumbuh hingga saat ini.

Seperti tata kota yang mengacu kepada garis imajiner dari Pantai Parangtritis hingga Gunung Merapi. Makna dari tarian ini merepresentasikan garis imajiner yang merupakan gagasan dari Sri Sultan Hamengkubuwana I yang memiliki makna perjalanan hidup manusia, yakni lambang keselarasan dan keseimbangan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam, dan dengan sesama manusia.

Baca juga: SMK Pertanian Terpadu Pekanbaru Riau Miliki Jiwa Kedisiplinan yang Tinggi, Pembaretan oleh Wadan Kavaleri 6/RBT Pasir Putih Riau 

Keselarasan dan keseimbangan hubungan dengan Tuhan dan alam diwujudkan melalui ritual rasa syukur yang dilaksanakan setiap tahunnya pada tanggal 1 Ruwah atau pada tahun ini jatuh pada tanggal 5 Maret 2022 dilaksanakan Upacara Adat Labuhan di Gunung Merapi dan Pantai Parangtritis yang digelar oleh Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.