bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Lewat Program Kelurahan Cinta Statistik, Benyamin Ingin Kebijakan Semakin Tepat Sasaran

M Ridwan - Nasional
Rabu, 15 Mei 2024 19:41
    Bagikan  
Program,
Ist

Program, - Kelurahan cinta statistik yang ada di Tangsel untuk tahun 2024 terfokus pada Kelurahan Kademangan.

HELOINDONESIA.COM - Pemahaman soal data statistik menjadi penting untuk menghasilkan kebijakan Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang tepat sasaran bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie saat membuka pembinaan Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) di Pranaya Boutique Hotel, pada Rabu (15/05/2024).

"Dengan statistik kita bisa memprediksi, kita bisa membuat kebijakan yang tepat," ucap Benyamin.

Oleh karenanya, ia meminta semua kelurahan untuk memastikan pendataan secara tepat di lapangan. Sehingga pelayanan dan program menjadi tepat kepada masyarakat.

Baca juga: BPSDM Kemendagri Dorong Praktik Good Governance melalui Diklat Anjab dan SAKIP

"Statistik itu penting, hari ini sebuah rangkaian kegiatan yang akan menjadi sebuah kegiatan besar nanti diujungnya. Kelurahan cinta statistik ini harus menjadi bagian kerja-kerja kita," ujarnya.

Apalagi kata Benyamin, dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dimulai dari data statistik.

"Ini penekanan dari saya. Saya minta betul-betul menangkap semua ilmu yang diberikan. Ini sangat penting buat kita ke depannya," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Selatan, Tb. Asep Nurdin, menegaskan komitmen Diskominfo dalam menjalankan program nasional terkait Kelurahan Cinta Statistik.

Baca juga: Sajikan Tayangan Budaya, Indonesiana.TV Raih Penghargaan CNN Indonesia Award 2024

"Dari seluruh Kabupaten/Kota di tingkat Provinsi Banten yang menyelenggarakan seperti ini baru di Tangsel," ucapnya.

Bahkan ia mendorong seluruh kelurahan yang ada di Tangerang Selatan agar diberikan pembinaan yang mendalam oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangsel sehingga dapat diusulkan menjadi kelurahan berprestasi terkait data dan statistik hingga tingkat nasional.

"Tahun ini, ada satu kelurahan yang akan didampingi secara intens oleh BPS. Insyaallah nanti akan menuju yang terbaik di Provinsi Banten, tetapi juga dibawa ke tingkat nasional," terangnya.

Pujian disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangsel, Dadang Ahdiat. Ia mengapresiasi komitmen Pemkot Tangsel dalam melakukan pembinaan seluruh kelurahan terkait cinta statistik.

Baca juga: RUU Penyiaran Ancam Kebebasan Berekspresi dan Hak atas Informasi

"Sejak tahun 2022 BPS melakukan pembinaan terhadap desa atau kelurahan cinta statistik ke seluruh Indonesia. Ini merupakan amanat Peraturan Presiden nomor 39/2019 tentang satu data Indonesia," katanya.

Lebih lanjut kata beliau, kelurahan cinta statistik yang ada di Tangsel untuk tahun 2024 terfokus pada Kelurahan Kademangan.

"Jadi di tahun 2022 kelurahan cinta statistik di Pisangan. Di 2023 ada Kelurahan Pisangan dan Pamulang Timur, dan 2024 di Kademangan," jelasnya.

Tags