bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

David Chandrawan Dilantik Jadi Ketua KJNI Jakarta, Deretan Artis Ibu Kota dan Alumni Kampus Ternama Ikut Ramaikan Jalan Sehat Nordik 

M Ridwan - Nasional
Rabu, 8 Mei 2024 15:39
    Bagikan  
Dilantik,
Ist

Dilantik, - Acara pelantikan itu dilakukan satu rangkaian dengan kegiatan jalan sehat nordik.

HELOINDONESIA.COM - David Chandrawan, S. T., M. M. terpilih kembali dan dilantik sebagai ketua Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI) Jakarta. Acara pelantikan itu dilakukan satu rangkaian dengan kegiatan jalan sehat nordik.

Kali ini, para artis ibu kota dan alumni PPM School of Management, Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB), dan pencinta nordik ikut meramaikan jalan sehat nordik tersebut. Ratusan pecinta jalan sehat nordik menyusuri Rute Taman Bunga Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, pada Ahad pagi, 05 Mei 2024. 

Para peserta jalan sehat nordik pun tampak semangat dan antusias. Acara berlangsung sangat meriah dan penuh keakraban.

Kegiatan positif dan menyehatkan itu dilaksanakan di area Taman Bunga Wiladatika Cibubur. Taman tersebut berada di Kawasan Cibubur, tepatnya, di depan Mal Cibubur Junction. 


Di tempat rekreasi yang bertema alam ini  terdapat taman cukup indah yang ditumbuhi oleh bunga. Juga, tanaman hias dengan kolam air mancur yang sedap di pandang mata sehingga, sangat cocok untuk pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alami di Jakarta sambil jalan sehat.

Kegiatan yang diikuti penggagas nordik di Indonesia, Sumartoyo, M. S. M., D. B. A., dan  Andi Ilham Said, M. SOM., Ph. D. serta, Ir. Nova Daryanto, M. Sc. itu menempuh jarak sekitar 2,5 kilometer. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB.
 
Dihadiri para Artis Ibukota

Jalan sehat nordik ini dihadiri para artis. Di antaranya penyanyi rock legendaris, Lady Avisha dan Jovita Pearl “X Factor”.

Ketua KJNI Jakarta dan Jabodetabekpunjur Dilantik

Usai jalan sehat nordik, acara  dilanjutkan dengan pelantikan ketua KJNI Jakarta dan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, Cianjur (Jabodetabekpunjur). Hadir Ketua Pusat KJNI (Andi Ilham Said, M. SOM., Pd. D.), Dewan Penasihat (Ir. Sumartoyo, M. S. M., D. B. A.) dan ratusan anggota dari berbagai kecamatan di Jakarta serta alumni kampus favorit.


Kegiatan dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars KJNI. Ketua Pusat KJNI, Andi Ilham Said, dalam sambutannya mengatakan, ia sangat bangga dengan  dengan adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh KJNI Jakarta.  

"Kami bangga dengan kegiatan ini. Semua bahagia. Semua gembira. Dan, semua orang mengeksplor kepedulian, keguyuban dan kesolidan yang luar biasa yang dimiliki oleh KJNI Jakarta. Menikmati hidup ini harus dengan bersyukur. KJNI Jakarta selalu melakukan berbagai kegiatan di berbagai tempat indah dan asri di Jakarta,” paparnya.
 
Ketua KJNI Jabodetabekpunjur yang juga dilantik Nova Daryanto menjelaskan, hari ini, KJNI Pusat kembali melantik David Chandrawan, S. T., M. M. sebagai Ketua KJNI Jakarta terpilih. "Sosok David Chandrawan adalah merupakan aktivis yang juga pengurus Iluni Menwa UI Periode 2021-2023 dan merupakan Calon Ketua Ikatan Keluarga Alumni PPM School of Management (IKA PPM) periode 2024-2026. Ia sukses menjadi banker dan pebisnis kafe, memiliki nilai-nilai disiplin, peduli kesehatan, pantang menyerah, berintegritas, fokus, team work dan berusaha mencapai yang terbaik sehingga sangat layak menjadi Ketua KJNI Jakarta," ujarnya.
 
Sangat Diapresiasi 

Ketua IKA PPM yang sudah 2 (dua) periode , Ir. Prabowo B. Santoso, M. M. sangat mengapresiasi kegiatan jalan sehat nordik itu. Ia mengatakan, acara ini menjadi forum bersosialisasi, bersilaturahmi sekaligus meningkatkan rasa tanggung jawab masyarakat pecinta jalan sehat.  


"Kegiatan positif semacam jalan sehat nordik ini patut terus didukung. Diharapkan dapat digelar kembali dengan jumlah peserta lebih banyak lagi," harapnya.  

Prabowo juga mengucapkan selamat. “Selamat dan sukses atas terplihnya Bang David Chandrawan sebagai ketua KJNI Jakarta. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan, kesehatan, keamanan, kelancaran dan keberkahan dalam mengemban tugas ini," doanya.

Senada dengan Prabowo, artis cantik Rock Legend, Lady Avisha juga mengucapkan selamat. "Selamat atas dilantiknya Mas David sebagai Ketua KJNI Jakarta. Semoga semakin sukses, berkah, berprestasi dan selalu amanah," ia berdoa.

Jovita Pearl “X Factor juga mengucapkan hal sama. "Selamat dan sukses buat Pak David atas terpilih menjadi Ketua KJNI Jakarta. Semakin sering acara jalan sehatnya dan undang kami sebagai pengisi acara entertainment-nya. Allah SWT memberkahi, Aamiin Ya Rabbal'aalamiin," Jovita mendoakan.

 
Banjir dengan Doorprize

Acara dibanjiri dengan doorprize. Ketua KJNI Pusat, Andi Ilham Said didampingi dewan penasihat KJNI Jakarta berkesempatan  memberikan hadiah doorprize kepada para peserta.  Mulai dari tongkat nordik , voucher ratusan ribu rupiah, coffee maker, dispenser hingga puluhan hadiah keren lainnya tersedia buat doorprize peserta.

Selanjutnya, Pendiri Nordik, Sumartoyo dan Lady Avisha serta Jovita X Factor bergantian memberikan hadiah kepada para peserta yang namanya dibacakan oleh panitia sebagai penerima hadiah. Satu per satu  hadiah yang dikumpulkan di panggung utama pun berpindah tangan kepada peserta. 

Di tengah-tengah pembagian hadiah doorprize, panitia juga melaksanakan beberapa lomba spontanitas. Alhasil, di tengah ketegangan menunggu pembacaan penerima hadiah doorprize,  peserta juga bisa tertawa melihat peserta lainnya yang mengikuti kegiatan. 

Acara diakhiri dengan makan siang dan hiburan musik. Penyanyi rock legendaris, Lady Avisha dan Jovita Pearl “X Factor”  semakin membuat bahagia semua peserta jalan sehat nordik dengan lagu-lagu yang dibawakannya.

 
Sekilas Tentang Jalan Nordik

Untuk diketahui, "nordic walking" atau jalan nordik adalah olah raga berjalan kaki yang menggunakan dua tongkat ski. Olah raga yang populer di Skandinavia dan bagian lain Eropa ini menawarkan berjalan kaki yang dapat memberi stimulasi efektif terhadap struktur tubuh agar lebih sehat.

Jalan sehat nordik dengan dua tongkat dapat mengaktifkan 90 persen otot kita menjadi lebih kuat dan baik. Dengan jalan nordik, lutut kita dipelihara. 

Karena, beban tubuh kita jadi 1/3 yang disangga. Hal itu disebabkan tangan kita menjadi kaki. 

Jadi, kalori yang dibakar lebih besar daripada kita naik sepeda ataupun lari. Hasilnya, dari jalan 20 menit. 


Aktivitas fisik yang mengharuskan menggerakkan otot seluruh tubuh seperti jalan nordik dapat membakar kalori lebih banyak dan efektif, dibandingkan jika hanya berjalan biasa. Hal itu dikarenakan bukan hanya otot tungkai yang bergerak, melainkan otot lengan juga. 

Kondisi itu pun, semakin maksimal dengan penggunaan tongkat nordik. Sebab, dalam olah raga lain pun bisa-bisa saja seseorang menggerakkan otot tungkai sekaligus lengannya, tapi tidak akan seoptimal ketika menggunakan alat.

“Harapannya ke depan, seluruh penduduk Indonesia menjadi lebih sehat dengan melakukan aktivitas jalan nordik minimal 30 menit per hari," harap para peserta.
Tags