Helo Indonesia

Menko Muhadjir Sidak di Pelabuhan Merak, Persiapan Menghadapi Kenaikan Jumlah Pemudik Hingga 50 Persen

Edo - Nasional
Minggu, 24 Maret 2024 13:10
    Bagikan  
SIDAK
Kementerian PMK

SIDAK - Menteri PMK, Muhadjir Efendy dan Menhub, Budi Karya Sumadi melakukan saat sidak di Pelabuhan Merak, Provinsi Banten, Sabtu (23/3/2024).

HELOINDONESIA.COM - Menghadapi mudik Lebaran 2024 yang sudah semakin dekat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy turut sibuk untuk meninjau persiapan di sejumlah lokasi.

Menteri PMK, Muhadjir Efendy bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi mendadak di Pelabuhan Merak, Provinsi Banten, Sabtu (23/3/2024).

"Saya bersama Pak Menhub melakukan inspeksi mendadak langsung ke lokasi Pelabuhan Merak. Ini adalah detailing atau pendalaman beberapa bagian dari rencana besar kita dalam menangani mudik tahun 2024," tegas Muhadjir.

Baca juga: Tahun ini Pemudik Lebaran Hampir 200 Juta Orang, Menko Muhadjir Sebut Pemerintah Melakukan Langkah ini

Menko Muhadjir menyebut penyeberangan Merak-Bakauheni menjadi titik krusial dalam pelaksanaan mudik Lebaran 2024.

Sehingga diperlukan penambahan fasilitas kapal maupun sarana penunjang lainnya, untuk memperlancar pelaksanaan mudik Lebaran 2024.

Penambahan berbagai fasilitas tersebut guna menjaga V/C Ratio kendaraan agar tetap rendah, sehingga tidak terjadi penumpukan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Ini perlu kita pastikan, tadi Pak Menhub telah sampaikan akan ada kenaikan pemudik 50% dibandingkan tahun lalu berarti nantinya yang akan menyeberang juga bertambah," jelas Muhadjir.

Baca juga: Pendaftaran Mudik Asyik Bersama PLN Sudah Dibuka Mulai Hari Ini, Cek Syarat-syaratnya!

Selain itu, untuk menghindari tumpukan kendaraan di titik pelabuhan, Menko PMK menghimbau kepada pemudik kapal penyeberangan untuk melakukan pembelian tiket secara online supaya tidak terkendala terjadinya antrean panjang lantaran belum memiliki tiket.

"Jadi kita membuat kebijakan tidak ada pelayanan pemesanan tiket manual. Nantinya kita punya kepastian berapa yang akan menyebrang hari ini sehingga kita bisa mengatur lebih presisi," tuturnya.

Baca juga: Cek Bantuan, Menko Muhadjir Blusukan ke Lokasi Bencana Sumatera Barat

Sejalan dengan hal tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta kepada pengelolaan penyeberangan dapat mendahulukan kapal-kapal besar dengan kecepatan yang lebih tinggi sehingga dapat mengangkut penumpang lebih banyak dan cepat.

Ikut mendampingi Muhadjir antara lain Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, Walikota Cilegon Helldy Agustian, Kakorlantas Polri Aan Suhanan, dan Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP Indonesia Ferry Yusuf Hadi beserta jajarannya. (*/ANO)