Helo Indonesia

Lakukan Gerakan Tanam Pohon Bersama, Presiden Jokowi Sebut Langkah Nyata Antisipasi Perubahan Iklim

Jumadi - Nasional
Rabu, 29 November 2023 18:27
    Bagikan  
Gerakan Tanam Pohon Bersama
Tangkapan layar

Gerakan Tanam Pohon Bersama - Langkah antisipasi perubahan iklim

HELOINDONESIA.COM - Presiden Joko Widodo melakukan penanaman pohon sebagai langkah bersama untuk mengatasi perubahan iklim, pemanasan global, serta polusi yang sudah dirasakan secara nyata.

Kegiatan dengan bertajuk "Gerakan Tanam Pohon Bersama" dilaksanakan di Hutan Kota JIEP Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta, pada Rabu (29/11/2023).

“Ini adalah dalam rangka antisipasi perubahan iklim, mengantisipasi pemanasan global yang sudah kita rasakan bersama-sama dan nyata, juga dalam rangka mengatasi polusi yang ada di Jabodetabek,” ucap Presiden dalam sambutannya di kegiatan tersebut.

Presiden Jokowi mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan serentak di wilayah Jabodetabek tersebut dan diikuti oleh berbagai macam pihak dimulai dari pemerintah hingga perusahaan.

Baca juga: Meriah, Peringatan HUT ke-78 HGN dan PGRI di Pulaupanggung

“Saya mengucapkan terima kasih atas kegiatan pada pagi hari ini (penanaman pohon), dan saya lihat juga pohonnya besar-besar, ada pohon pulai, trembesi, sawo kecik, bungur, saya kira semua jenis tanaman ditanam bersama-sama,” ungkapnya.

Dalam keterangannya di hadapan awak media, Presiden Jokowi menyebut bahwa kegiatan penanaman pohon tersebut akan terus dilakukan secara bersama-sama di seluruh wilayah di Indonesia.

Presiden menuturkan bahwa pelaksanaan kegiatan penanaman pohon serentak tersebut juga didukung oleh musim hujan yang dinilai waktu yang tepat untuk penanaman pohon.

“Gerakan ini karena memang pas mulai musim hujan, kalau kemarin enggak kita lakukan karena memang masih musim kemarau dan ini musim hujan pas, Desember ke sana nanti kita akan lakukan terus menerus di seluruh provinsi tidak hanya di Jabodetabek,” imbuhnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengimbau seluruh pihak dari tingkat daerah hingga pemerintah pusat agar tetap waspada untuk mengatasi potensi bencana pada musim hujan.

Baca juga: Serahkan Anggaran Tahun 2024, Presiden Joko Widodo: Gunakan Secara Disiplin, Teliti, dan Tepat Sasaran

Presiden pun mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta melakukan penanam pohon di lingkungan sekitarnya masing-masing.

“Selain itu sekali lagi saya mengajak seluruh masyarakat untuk menanam pohon apapun di lingkungan masing-masing,” katanya.