Helo Indonesia

Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

Jumadi - Nasional
Rabu, 22 November 2023 11:01
    Bagikan  
Pelantikan Agus Subiyanto
Tangkapan layar

Pelantikan Agus Subiyanto - Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Jenderal Agus Subiyanto

HELOINDONESIA.COM - Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2023).

Pelantikan itu berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 102 TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan.

Pelantikan ini membuat Jenderal Agus Subiyanto telah resmi menggantikan Panglima TNI sebelumnya, yaitu Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa purnatugas.

Setelah pembacaan Surat Keputusan (SK), kemudian dilakukan pengambilan sumpah jabatan.

Baca juga: UMP Jawa Tengah Tahun 2024 Naik Sekitar 4,02 Persen

Selanjutnya Agus Subiyanto lantas menirukan pernyataan sumpah jabatan yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Agus saat mengucapkan sumpah dan janji mengikuti yang diucapkan Presiden Jokowi.

Agus Subiyanto juga besumpah akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," kata dia.

Dalam pelantikan ini, turut dihadiri Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga: Ketua MPR Adakan Turnamen Catur Antar Wartawan, Inilah Hadiah yang Diperebutkan

Selain itu, hadir pula Ketua DPR RI Puan Maharani, Menko Polhukam Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Jaksa Agung ST Burhanuddin, dan Ketua Wantimpres Wiranto.