bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Soal Sidang Putusan Gugatan Usia Capres-cawapres, Menkominfo : Katanya Minggu ini

Drajat Kurniawan - Nasional
Senin, 9 Oktober 2023 22:47
    Bagikan  
Menkominfo Budi Arie
Kominfo

Menkominfo Budi Arie - Menkominfo Budi Arie Setiadi. (Foto: Kominfo)

HELOINDONESIA.COM - Sidang putusan gugatan terkait syarat usia calon presiden-calon wakil presiden akan digelar pekan ini. Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

"Katanya minggu ini, isunya minggu ini. Minggu ini," kata Budi Arie di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (9/10/2023). 

Meski demikian Budi Arie mengaku tidak mengetahui isi keputusan tersebut. " Dahlah nggak usah pancing-pancing," ujar Budi Arie.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM (Polhukam) Mahfud MD buka suara terkait gugatan aturan tentang batas usia calon presiden dan calon wakil presiden.

Baca juga: Batasi Hak Konstitusi Orang Lain, Gugatan Usia Capres-Cawapres Layak Masuk Museum Rakyat Indonesia

Dia menilai MK tidak berwemang mengubah aturan tersebut lantaran MK tidak bisa mengubah aturan yang tidak dilarang oleh konstitusi.

"Mahkamah Konstitusi itu kerjanya sebagai negative legislator, artinya hanya membatalkan kalau ada sesuatu yang bertentangan dengan Undang-Undang Dasar," tegasbya.

Menurut dia, Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) yang sedang diuji materi di MK, hanya boleh ditentukan atau diubah oleh DPR dan pemerintah selaku positive legislator. "MK tidak boleh membatalkan sesuatu yang tidak dilarang oleh konstitusi,” ujar dia.