Neyl Author Satu-satunya Kontestan Genre Rock Tersingkir dari Indonesian Idol 2023

Selasa, 28 Maret 2023 06:36
Neyl Author, kontestan Indonesian Idol 2023 yang tersingkir pada babak Spektakuler Show 8. (Foto: tangkapan layar).

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM ? Neyl Author, satu-satunya kontestan bergenre rock harus tersingkir dari ajang Indonesian Idol pada babak Spektakuler Show 8 yang diikuti 7 besar, pada Senin malam,27 Maret 2023.

Disebut menyedihkan, ya sangat pantas. Apalagi, Neyl bukan sekedar satu-satunya, tapi penampilannya juga sangat ngerock, dan sangat sulit menandingi lengkingan suaranya, atau juga suara scream, suara serak model metal.  Penyanyi asal Bandung ini ngerock banget.

Kiranya, banyak yang menyesalkan tereliminasinya Neyl. Dia banyak menjadi pembicaraan luas di kalangan pecinta lagu-lagu rock, karena belakangan sempat ada yang menyebut genre rock layu, bahkan disebut akan punah.

Tapi, Neyl yang berpenampilan godrong, hadir dengan rock orisinil. Pendukungnya yang gondrong-gondrong menunggu setiap penampilannya. Neyl beberapa kali mendapat standing ovation dari lima judger (juri) Indonesian Idol yang terdiri dari Anang Hermansyah, Bung Citra Lestari (BCL, Unge), Judika, Rossa, dan David Bayu Naif.

Saat membawakan lagu Kecewa milik BCL dan Pengemis Cinta banyak mendapat apresiasi para juri. BCL terkagum-kagum ketika lagunya itu dibawakan secara rock oleh Neyl. Sangat hidup dan membuatnya terperangah. Tiga juri memberikan SO, yakni Anang, BCIL dan Rossa.

Saat Neyl membawakan lagu Pengemis Cinta, lagu dangdut milik Johnny Iskandar, lima juri memberikan SO (standing ovation). ?Dari awal hingga akhir, spektakuler semua,? kata judger Rossa. Adapun Anang hermansyah menilai, penampilan yang luar biasa. ?Pecah banget, keren,? ujarnya.

Pada babak SpektakulerShow Senin malam, seperti enam peserta lainnya, Neyl didaulat menyanyikan lagu Melayu yang diaransemen ulang ala music EDM oleh musisi Eka Gustiwana dan Mas Oni.

Judger Anang Hermansyah sangat menjagokan Neyl sebagai pemenang Indonesian Idol. Hal ini kiranya karena Anang memang juga penyanyi rock di era mudanya. 

Untuk penampilan Neyl kali ini, ia membawakan lagu Cari Pacar Lagi milik Charly Setia Band. Menurut Anang Hermansyah menilai Neyl sempat kebingungan mengatasi imrpovisasi di lagu tersebut mengingat dirinya yang lebih akrab dengan musik-musik rock.

Meski begitu, Anang menilai bahwa Neyl berhasil menaklukkan tingkat kesulitan di lagu tersebut. Akan halnya Neyl sendiri mengakui bahwa dirinya memang sempat kesulitan dalam melakukan improvisasi. Namun Neyl mengaku puas karena bisa mencoba genre baru. 

Namun, dari segi voting oleh pemirsa televisi RCTI, ternyata menentukan lagi, Neyl dapat vote terendah, sehingga harus tereliminasi, alias tersingkir di Spektakuler Show 8 Indonesian Idol, dan harus pulang. 

Ada pun yang mendapat standing ovation dari lima juri malam itu adalah Novia dan Salma. Selanjutnya dengan tersingkirnya Neyl, maka enam kontestan yang akan melaju ke Spektakuler 9 adalah Nabilah, Syarla, Novia, Paul, Salma, dan Rony. Mereka akan berkontes Senin depan. (*)

(A Winoto)

Berita Terkini