Salma Salsabila Kuasai Berbagai Genre Lagu Membuat Juri Indonesian Idol Terkagum

Rabu, 8 Maret 2023 12:57
Salma Salsabila Aliyyah, kontestan Indonesian Idol 2023. (Foto: (Instagram/@salmasalsabil12)

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Salma Salsabila ?Aliyyah menjadi salah satu kontestan Indonesian Idol 2023 yang paling menonjol. Bahkan, para juri beberapa kali terkagum-kagum dengan kemampuan musikalitasnya. Ini karena Salma mampu menguasai berbagai genre lagu. 

Salma, dara kelahiran Probolinggo, Jawa Timur, itu, cara menyanyinya tidak ngoyo, mengalir dan menguasai berbagai jenis musik. Dan mungkin hanya dia yang bisa keroncong di antara kontestan lainnya. Dia punya grup keroncong.

Juri Indonesian Idol yang terdiri dari Anang hermansyah, bunga Citra lestari (BCL), David Naif, Rosa, dan judika, langsung memberikan SO (standing ovation) usai menyaksikan Salma membawakan lagu Rungkad (lagu pop Jawa yang aslinya dipopulerkan Happy Asmara asal Kediri).

Pujian sangat tinggi diberikan Judika, Rosa dan BCL, saat Salma Salsabila menyanyikan lagu Monolog milik Pamungkas.

?Indonesian Idol ini kompetisi yang sangat berat, harus menguasai berbagai genre lagu. Padahal kalau di album seperti satu genre saja. Tapi di sini harus semua bisa. Dan kamu, dari awal aku nggak pernah ragu,? kata Judika.

Salma Salsabila, kontestan Indonesian Idol 2023 dari Probolinggo. 

?Kamu itu punya musikalitas luar biasa. Buat aku, bukan sekedar standing ovation. Tapi apresiasiku, dari kontrol vokal, kesiapan, semua matang banget. Jadi pertahankan terus,? ujar Judika yang juga terkagum saat Salma memabawakan lagunya Yura Yunita.?Kkita dibawa melayang kesana ke mari, enak sekali,? tandasnya.

Sedangkan BCL mengaku sempat mengeluarkan air mata mendengarkan Salma menyanyi. ?Merinding, Itu conectionnya dapat banget. Mungkin rasanya masih di-built lagi. Tapi hari ini aku terharu. Kamu membawakan lagu itu indah sekali,? kata BCL.

Rossa menilai Salma tampil spektakuler. "Buat aku, cara kamu mengolah lagu ini dengan spektakuler," katanya..

Menurutnya, sebetulnya yang disebut spektakulet itu tidak hanya yang wah meledak-ledak dengan penuh koreografi. Rossa menggambarkan, Salma yang menyanyi dengan hanya duduk, tapi luar biasa. Buat aku, cara kamu mengolah lagu ini dengan spektakuler,? kata Rossa.

Diungkapkannya, Salma hanya duduk di sana menyanyikan bait demi bait, tapi apa yang dia dengar bukan sekedar notasi, tapi betapa dalam lirik yang dibawakan tadi. 

?Buat aku, kapanpun mendengar suaramu, kayak sungguh terlalu sedap masuk ke telinga aku. Merinding banget,? ujar Rossa bahagia.

Akan halnya saat Salma menyanyikan lagu Rungkad, semua menjadi heboh. Aransemen dangdut menjadi jazz dan diramaikan dengan penari koreografi yang padu, terlebih menjadi heboh saat reff dangdutnya sangat terasa. 

Salma yang kini kuliah di ISI Yogjakarta itu tampak mampu mengolah dari berbgai jenis lagu ke dalam satu lagu yang dia suduhkan ke panggung Indonesia idol.

Cewek berjilbab yang wajahnya sekilas mirip atis sinetron Revalina S Temat itu dengan mudahnya melakukan pencampuaran bergabai genre dalam penampilannya. Itulah yang membuat para juri terkagum.

Sat lagu Rungkad, Anang Hermansya menyebut sebagai sajian yang sedap dan keren. ?Ini sedap banget, keren, nggak nyangka kamu bisa membawakan. Ada cengkok, kamu membawakan lagu ini dengan cara kamu ini keren,? ujarnya.

Akan halnya BCL, merasa bukan melihat kompetisi, tapi menonton show Salma Idol. Apalagi dengan bumbui goyang yang tipis-tipis tapi sedap.

?Salma, aku melihatnya tadi seperti nonton lagu kamu sendiri. Terus kayak nonton show kamu, bener-bener nggak terasa kompetisi. Kayak nonton show kamu sendiri. Kamu berani bergoyong tadi ya dengan koreografi, indah,? kata BCL. 

Adapun, Judika melihat penampilan Salma dengan lagu Rungkad, dia bukan sekedar SO (standing ovation), tapi benar-benar terlihat mempersiapkan diri dan feelnya dapat.

?Aku berdiri SO, bukan sekedar standing ovation. Kamu tadi selain mengubah aransemen. Salma, dangdut ini kan susah-susah gampang, kalau nggak ada feelnya lagunya akan susah. Kamu tadi menikmati banget, kayak lagu sendiri, bener-bener kayak lagumu sendiri,? ujar Judika.

?Poinku, kamu bener-bener kelihatan mempelajari lagu ini. Karena dangdut itu punya notasi-notasi sendiri yang kita inget. Kamu ubah pun tapi notasinya tetap, kamu bawa dan tidak hilang. Kamu tadi berhasil. Keren banget,? kata Yudika.

Juri David Naif memberikan tantangan kepada Salma untuk menyelipkan lagu keroncong untuk penampilan-penampilan di ediai Indonesian idol mendatang. Salma pun siap. Kita tunggu. (*)

(A Winoto)

Berita Terkini