Geger NewJeans vs HYBE, Bila Ingin Putus Kontrak Berikut Ini Cara Menghitungnya

Minggu, 15 September 2024 11:00
Ada keinginan putus kontrak Instragram NewJeans

HELOINDONESIA.COM -Ketegangan antara HYBE dan ADOR kembali memanas dan kini melibatkan langsung NewJeans. Hal ini terjadi setelah girl grup tersebut secara terbuka mengungkapkan situasi yang mereka hadapi selama ini.

Salah satu tuntutan utama NewJeans adalah mengembalikan Min Hee-jin ke posisinya sebagai CEO ADOR pada 25 September, sekitar dua pekan setelah mereka melakukan siaran langsung pada 11 September.

Hingga saat ini, HYBE belum memberikan pernyataan resmi menanggapi tuntutan NewJeans. Siaran langsung di YouTube kini juga telah dihapus.

Baca juga: Jungkook BTS Diduga Mendukung NewJeans Terkait HYBE

Meskipun grup tersebut dapat mencoba meninggalkan HYBE melalui jalur pengadilan, mereka juga memiliki opsi untuk mengakhiri kontrak lebih awal melalui bayar ganti rugi.

Bila opsi tersebut diambil maka biaya pemutusan kontrak yang diperkirakan mencapai 300 miliar won atau sekitar Rp3,48 triliun (1 won = Rp11,61) jika ingin mengakhiri kontrak lebih awal tanpa melalui pengadilan.

Baca juga: Dibalik Kesuksesan Han So Hee Ada Kisah Pilu yang Dibuat Oleh Ibu Kandungnya, Bertubi-tubi

Meskipun rincian kontrak NewJeans dengan ADOR dan HYBE tidak pernah diungkapkan, Komisi Perdagangan Adil Korea memiliki standar biaya pemutusan kontrak awal untuk para idol.

Biaya pemutusan kontrak awal dihitung dengan mengambil pendapatan bulanan rata-rata idol yang disedot HYBE, selama dua tahun terakhir dan mengalikannya dengan jumlah bulan yang tersisa dalam kontrak pada saat pemutusan kontrak awal, dengan demikian potensi keuntunga yang didapatkan oleh HYBE terpenuhi.

Baca juga: Megawati Hangestri Sindir Netizen: Bro, Hidup Kalian Gak Cuma Tentang Aku

Walaupun pendapatan pasti NewJeans tidak diungkapkan, menurut media Korea diperkirakan bahwa Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein harus membayar sedikitnya 300 miliar won jika ingin memutuskan kontrak lebih awal.

Kontrak eksklusif idol Korea dengan agensi biasanya berlaku selama tujuh tahun. NewJeans debut di bawah naungan ADOR, anak perusahaan HYBE, pada 22 Juli 2022.

Pada saat itu, Min Hee-jin masih menjabat sebagai CEO ADOR hingga pada 27 Agustus ia diumumkan tidak lagi menjabat sebagai CEO ADOR setelah berbagai permasalahan menimpa diantara keduanya.***

Berita Terkini