Para Legend Musik Meriahkan Acara Apresiasi PAPPRI Lampung

Minggu, 25 Agustus 2024 18:23
Sang legend yang melahirkan banyak pemusik di Lampung: Jendol (Foto HBM/Helo) Helo Lampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik RI (PAPPRI) Lampung menggelar acara apresiasi terhadap sepuluh seniman musik di Gedung Pertunjukan Dewan Kesenian Lampung (DKL), Minggu, pukul 15.00 WIB.

Sebelum dan sesudah prosesi pembagian piagam dan dana apresiasi kepada sepuluh pemusik berdedikasi di dunia musik, acara diisi live music. Walau acara dikemas sederhana, tampak sekali kualitas band yang tampil di panggung.

Maklum wadah gudangnya seniman musik profesional, didukung Gedung DKL dengan sound system dan tata lampu keren, grup legendaris, New Puranti Band tampil bersama para penyanyi legend.

Puranti Band sangat terkenal tahun 80-an. Andy Achmad Sampurnajaya yang mendirikannya pada tahu 1981. Hingga kini, band tersebut masih eksis dengan bermetamorfosis menjadi The New Puranti Band.

Andy Achmad Sampurnajaya yang masih eksis di industri musik Indonesia tampil konsisten dengan lagu-lagu bersyair Bahasa Lampung. Penyanyi legend lainnya, Sumardiarso alias Jendol (guru musik) dengan lagu jazz.

Helo Indonesia yang pertama kali menyaksikan penampilan legend musik Lampung itu kagum dengan improvisasinya. Tampil rambut diikat di atas kepala, suara dan tubuhnya yang tambun bisa meliuk-liuk seenak jidatnya.Sang lengend mendapatkan apresiasi juga dari PAPPRI. 

Lainnya, Masri Jaya, ketua Komunitas Jalur Dua Way Halim. Penggiat musik jazz daerah Lampung ini pernah menggelar Musik Blues & Jazz dalam rangka memperingati HUT Komunitas Jalur Dua (KJ2) Way Halim yang ke-9 Tahun 2023, di Pasar Kreatif Seni PKOR Way Halim, Rabu (22/11/2023).

Mereka yang jadi saksi luar biasanya penampilan para pemusik itu antara lain Deni Ribowo, anggota DPRD Lampung dari Partai Demokrat yang baru terpilih kembali pada Pileg 2024 dan Rahmad Abdullah sebagai pembina PAPPRI Lampung.

Ketua DPD PAPPRI Lampung Andi Ahmad Sampurajaya dalam sambutannya mengatakan bahwa acara tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap prestasi dan dedikasi seniman musik Lampung lebih dari 2 dekade.

“Apresiasi yang akan diserahkan DPD PAPPRI kepada 10 seniman musik dari enam katagori berupa piagam dan dana masing-masing Rp3 juta,” beber Kanjeng Andi panggilan karib Ketua DPD PAPPRI Lampung.

1. Norma Utami (penyanyi lagu daerah)
2. Supirman (penyanyi lagu daerah),
3. Chairul Anwar Zen (pencipta lagu)
4. El Hassan Z Alatas (pencpta lagu),
5. M. Effendi, S.Pd. (pemusik/penata musik).
6. Eldi Alfirudi Husen (pemusik/penata musik),
7. Edy Yanto (pemusik tradisi),
8. Tamrin Hidarpi (pemusik tradisi),
9. Riki Tri Purnomo (produser /promotor Musik),
10. Sumardiarso alias Jendol (guru musik). (HBM)


 - 

Berita Terkini