bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Salma Juarai Indonesian Idol, Rektor ISI Yogya Nilai Sudah Mumpuni Hingga Dibebaskan Tugas Ini

Winoto Anung - Hiburan -> Musik
Rabu, 24 Mei 2023 00:03
    Bagikan  
Salma Salsabil
tangkapan layar / RCTI

Salma Salsabil - Salma Salsabil dinobatkan menjadi juara pertama Indonesian Idol 2023.

HELOINDONESIA.COM - Judgers Indonesian Idol 2023 selalu memuji-muji musikalitas Salma Salsabil Aliyyah, kontestan asal Probolinggo yang juga kuliah di ISI Yogjakarta. Judgers yang terdiri dari Anang Hermansyah, Bung Citra Lestari, Judika, Rossa, dan David Naif sering memuji kemampuan teknik bernyanyi Salma.

Bahkan, sampai-sampai judger Rossa yang bekaliber  diva Indoneia mengatakan bahwa Salma harus mengajari dirinya cara bernanyi. Dia beberapa kali menilai Salma cerdas.

“Salma sangat cerdas. Kayaknya kamu harus ngajari aku nyanyi deh,” kata Rossa setelah mendengarkan Salma melantunkan lagu Aku Milikmu (Dewa 19).

Dan faktanya, Senin malam 22 Mei kemarin, Salma dinobatkan sebagai juara Indonesian Idol 2023. Ia mengungguli grand finalis lainnya, Nabilah Taqqiyah.

Baca juga: Penyebar Video Mirip Rebecca Kopler Siap-siap Dijemput Polisi, Ternyata Inilah Orangnya

Ternyata atas prestasi ini dipantau oleh pihak ISI Yogyakarta, tempat kuliah Salma Salsabil. Saat ini dia berstatus sebagai mahasiswi semester VI Fakultas Penyajian Musik Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja.

Rektor ISI Yogya pun menilai Salma sudah mumpuni, sehingga pihaknya membebaskan semua tugas praktikum kepada Salma. Hal ini karena kemampuan bermusik Salma dinilai sudah mumpuni.

Menurut Rektor ISI Yogya, Profesor Timbul Raharjo, Salma sudah mencapai puncaknya dengan menjadi juara pertama dalam ajang Indonesian Idol 2023. Melalui prestasi ini, dari sisi praktik Salma sebagai mahasiswi Penyajian Musik dinilai telah menguasai vokal yang mumpuni.

“Secara praktik, teori pempraktikan sudah cukup, memang sudah ada di puncaknya, artinya bahwa dia telah menguasai vokal dan musik cukup memadai,” kata Timbul lewat pesan suara, Selasa 23 Mei 2023. .

Baca juga: Nama Suami Petinggi Parpol Disebut Terkait Korupsi BTS, Demokrat Minta Jangan Tebang Pilih

Prof Timbul mengatakan karena kemampuan tersebut, pihak kampus akan memberikan konversi dan ekuivalensi kepada Salma. Sehingga untuk semua mata kuliah praktik dibebaskan.

Hal ini sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemendikbud. Sehingga pihaknya,  dalam program MKBM memberikan ekuivalensi kepada Salma untuk mata kuliah praktik itu semua bisa lolos,” katanya.

Berkat prestasi tersebut, maka kalau nanti Salma Idol kembali ke ISI Jogja untuk kuliah, maka tinggal menyelesaikan tugas akhir dan kemudian lulus atau wisuda. Timbul menyarankan Salma bisa menuliskan tugas akhir tentang praktik selama menjalani kompetisi Indonesian Idol 2023. Lulus, diwisuda. (*)

(Winoto Anung)