Helo Indonesia

Iwan Fals Tampil Prima Berkonser di Purbalingga, Bawa Ribuan Penonton Ikut Nyanyi Bersama

3 jam 12 menit lalu
    Bagikan  
Iwan Fals Tampil Prima Berkonser di Purbalingga, Bawa Ribuan Penonton Ikut Nyanyi Bersama

Musisi Iwan Fals saat konser di Stadion Goentoer Darjono Purbalingga. Foto: Ist

PURBALINGGA, HELOINDONESIA.COM - Penyanyi Iwan Fals tampil prima saat konser yang dihelat di Stadion Goentoer Darjono, Purbalingga, Sabtu malam 27 Juli 2024. Aksi panggung musisi legendaris tersebut mampu menghipnotis ribuan penonton yang sejak sore sudah memadati lokasi pementasan.

Penyanyi bernama asli Virgiawan Listanto ini naik panggung sekitar pukul 20.30 WIB dan mengawalinya dengan membawakan Lagu Satu (Hidup) dari album Hijau yang dirilis tahun 1992.

“Jalani hidup, tenang-tenanglah seperti karang, karena persoalan bagai gelombang, tenanglah tenang tenanglah sayang,” lirik lagu itu dinyanyikan Iwan dengan vokal khasnya dibarengi petikan gitar bolong.

Baca juga: Nama Benny Karnadi Mencuat Bakal Dampingi Mbak Tika di Pilkada Kendal

Setelah itu lagu Seperti Matahari dari album Suara Hati (2022) dimainkan dengan asyik. “Keinginan adalah sumber penderitaan, letaknya di dalam pikiran. Tujuan bukan utama, yang utama adalah prosesnya,” lantun Iwan.

Kekuatan penyanyi yang terkenal dengan tembang Oemar Bakrie  dan Wakil Rakyat itu salah satunya ada pada lirik - lirik yang mengandung kritik sosial. Lewat lagu, Iwan begitu jeli memotret realitas di sekeliling dengan lirik yang jenaka tapi menyentil.

Tak heran dengan lagu-lagu yang dibawakan Iwan, penonton terbawa oleh suasana. Apalagi setelah lagu berirama rancak seperti Pesawat Tempurku dimainkan. Penonton langsung berjingkrak dan ikut bernyanyi.

“Andai saja aku bukanlah penganggur, sudah kupacari kau. Jangan bilang tidak, bilang saja iya. Iya lebih baik daripada kau menangis,” dinyanyikan secara serempak oleh penonton.

Bernyanyi Bersama
Bagian lain lirik lagu yang diambil dari album 1910 (1988) juga menjadi koor penonton. “Penguasa-penguasa berilah hambamu uang, beri hamba uang,” teriak penonton ikut bernyanyi bersama.

Baca juga: Mbak Ita Ajak Bupati Se-Kedungsepur Kolaborasi Sektor Pariwisata

Selain lagu-lagu bertema kritik sosial. Iwan Fals juga membawakan sejumlah lagu bertema cinta. Seperti Mata Indah Bola Pingpong, Aku Sayang Kamu, Yang Terlupakan dan Jendela Kelas Satu.

Konser yang dikemas dalam tajuk “Gaung Merah Segalanya’ benar-benar keren. Personel grup Swami dan Kantata Takwa itu mampu membuat penonton yang terdiri dari berbagai generasi terpuaskan. Mereka menikmati pertunjukan gratis itu dengan tertib dan nyaman.

“Luar biasa konsernya. Vokal Iwan Fals masih prima, lagu-lagunya masih relevan hingga kini dan penonton luar biasa tertibnya,” ujar Adi, salah satu fans berat Iwan Fals yang terselip di antara ribuan penonton konser. (Aji)