3 Cara Masak Mie Instan yang Sehat, Pecinta Mie Wajib Lakukan Ini!

Kamis, 29 Agustus 2024 20:54
Cara memasak Mie Instan Sehat freepik

HELOINDONESIA.COM - Mie instan memang praktis dan lezat, namun seringkali dianggap kurang sehat karena tinggi sodium dan rendah serat.

Namun, dengan sedikit modifikasi, mie instan bisa menjadi hidangan yang lebih bergizi. Berikut adalah 3 cara membuat mie instan lebih sehat:

1. Tambahkan Sayuran dan Protein

Sayuran: Tambahkan berbagai macam sayuran seperti sawi, wortel, brokoli, atau jamur. Sayuran akan menambah serat, vitamin, dan mineral pada mie instan Anda.

Protein: Tambahkan sumber protein seperti telur rebus, ayam suwir, atau tahu. Protein akan membuat Anda kenyang lebih lama dan meningkatkan nilai gizi makanan.

Baca juga: Sempat Diboikot karena Melecehkan Agama, Film Thagut Kini Disomasi Dukun

2. Kurangi Bumbu Instan

Bumbu Setengah: Gunakan hanya setengah dari bumbu instan yang disediakan. Bumbu instan biasanya tinggi sodium, sehingga mengurangi jumlahnya dapat membantu menurunkan asupan garam.

Buat Bumbu Sendiri: Anda bisa membuat bumbu sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti bawang putih, jahe, cabai, dan sedikit kecap asin. Bumbu buatan sendiri lebih sehat dan rasanya pun bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Baca juga: Ribuan Massa Iringi Mbak Agustin-Pak Iswar Daftar ke KPU Kota Semarang, Minta Support hingga Hari Pencoblosan

3. Ganti Mie Instan dengan Mie Segar

Mie Segar: Jika memungkinkan, ganti mie instan dengan mie segar seperti mie telur atau mie shirataki. Mie segar biasanya lebih rendah sodium dan mengandung lebih banyak serat.

Variasi Mie: Anda juga bisa mencoba mie beras, mie soba, atau mie kelingking yang memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dibandingkan mie instan.

Baca juga: KPU Tubaba Perpanjang Pendaftaran Cakada 3 Hari, Ini Alasan Ketuanya

Tips Tambahan:

Rebus Mie: Rebus mie hingga matang sempurna agar lebih mudah dicerna.

Hindari Menggoreng: Hindari menggoreng mie karena akan menambah kandungan lemak jenuh.

Konsumsi Secukupnya: Meskipun sudah dimodifikasi, mie instan tetaplah makanan olahan. Konsumsilah secukupnya dan jangan dijadikan makanan pokok sehari-hari.

Dengan sedikit kreativitas, mie instan bisa menjadi hidangan yang lebih sehat dan bergizi. Selamat mencoba!

Ingin tahu resep mie instan sehat lainnya? Jangan ragu untuk bertanya.

Berita Terkini