bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Makan Daging Beku yang Disimpan Dua Tahun Sehatkah? Ini Jawaban Ahli

Satwiko Rumekso - Ragam -> Makanan
2 jam 36 menit lalu
    Bagikan  
Daging Beku
Ahanov Michael/Shutterstock

Daging Beku - Daging beku di dalam freezer

HELOINDONESIA.COM - Terkadang Anda sedang memeriksa lemari pembeku untuk membersihkan yang lama dan memberi ruang untuk yang baru, dan Anda menemukan beberapa steak strip yang lezat yang sama sekali Anda lupakan.

Tanggal pada kemasannya menunjukkan bahwa steak tersebut telah disimpan selama sekitar dua tahun, dan harganya cukup mahal, jadi apa yang mungkin terjadi jika Anda memakannya? Kemungkinan besar tidak ada apa-apa.

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) mencantumkan berbagai tanggal untuk daging beku, termasuk dua hingga tiga bulan untuk daging matang, tiga hingga empat bulan untuk daging giling mentah, dan empat hingga 12 bulan untuk daging panggang, steak, dan daging cincang mentah.

Untuk unggas, empat bulan untuk makanan matang, tiga hingga empat bulan untuk jeroan mentah, 9 bulan untuk bagian mentah, dan 12 bulan untuk potongan utuh mentah. Namun, lembaga tersebut segera mencatat bahwa rentang ini "hanya untuk kualitas."

Freezer menghentikan proses pembusukan sepenuhnya—pedoman USDA mengacu pada kualitas daging setelah dicairkan. Berbicara tentang pencairan, metode yang paling aman adalah menaruh daging di dalam kulkas semalaman. Namun, jika Anda ingin menyiapkan makan malam di hari yang sama, Anda dapat memanaskan daging di microwave dengan pengaturan defrost atau menaruh kemasannya di dalam semangkuk air dingin

Baca juga: Paus Fransiskus (Pope Francis) Tiba di Indonesia, Gunakan Pesawat Komersil, Naik Mobil Innova dan Menginap di Kantor Kedutaan

Kerugian
Namun, ada beberapa kekurangan dari memakan daging beku dua tahun, dan yang utama adalah daging tersebut tidak akan sebaik daging yang dimakan dalam jangka waktu USDA. Anda mungkin melihat freezer burn, yang dapat dikenali sebagai kristal — yang secara harfiah tampak seperti embun beku — di permukaan makanan Anda. Daging yang freezer burn aman untuk dimakan , dan Anda selalu dapat memotong bagian yang terkena selama atau setelah pencairan atau bahkan setelah dimasak. Tentu saja, ini berarti kehilangan protein yang berpotensi mahal. Anda mungkin juga menemukan bahwa daging beku dua tahun Anda terlalu freezer burn untuk dimakan sama sekali, yang merupakan kerugian total.

Makanan beku juga dapat menurunkan rasa dan tekstur, karena freezer menghilangkan kelembapan dari makanan yang ada di dalamnya. Jadi daging Anda mungkin lebih hambar daripada jika digunakan sesuai dengan batas waktu kualitas yang ditentukan, atau mungkin lebih keras dan lebih kenyal setelah dimasak. Sayangnya, efek samping ini tidak dapat dikembalikan, jadi Anda mengambil risiko saat memakan produk beku dua tahun.

Cara Menyimpan
Sementara sebagian orang menyimpan barang-barang di dalam freezer selama puluhan tahun , kebanyakan dari kita hanya dapat menyimpannya selama beberapa tahun, dan ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu menjaga kualitas daging Anda selama mungkin.

Jenis daging yang dikemas dalam baki styrofoam (dengan "popok" basah di bagian bawahnya ) sebaiknya dikeluarkan dari kemasan aslinya, dibungkus dengan plastik pembungkus, dan dimasukkan ke dalam kantong freezer, dengan mengeluarkan sebanyak mungkin udara. Dan jangan lupa untuk menuliskan tanggal pada kemasannya untuk referensi di masa mendatang.

Baca juga: Remaja Putri Korea Target Utama Pornografi Deepfake

Jika Anda membekukan daging yang sudah dimasak, tunggu hingga dingin selama beberapa jam sebelum mengemasnya — di atas meja dapur dalam es atau di dalam lemari es. Produsen peralatan Whirlpool merekomendasikan untuk mendinginkan daging hingga mencapai suhu 70 derajat F dalam waktu dua jam atau 41 derajat F dalam waktu empat jam. Anda perlu melakukan ini karena makanan panas atau hangat di dalam freezer dapat menyebabkan suhu meningkat pada makanan yang ada di dekatnya, yang dapat menyebabkan freezer burn.

Terakhir, freezer di ruang bawah tanah atau garasi sebenarnya adalah tempat terbaik untuk menyimpan daging. Kompartemen di dapur Anda kemungkinan dibuka lebih sering, yang dapat menyebabkan fluktuasi suhu. Freezer yang tidak terlalu sering dibuka akan menjaga suhu daging tetap konsisten.**