Helo Indonesia

Resep Rahasia Jualan Es Coklat Pekat dan Kental

Ratu Mandiri - Ragam -> Makanan
Rabu, 10 Juli 2024 11:20
    Bagikan  
cokpad

-

HELOINDONESIA.COM - Siapa nih yang suka banget sama es coklat? Minuman dingin yang satu ini memang nggak pernah gagal bikin hari kita jadi lebih segar dan happy. Apalagi kalau es coklatnya pekat dan kental, dijamin nagih! 

Belakangan ini sajian es coklat di cocol dengan roti menjadi favorit anak muda. Nah, buat kamu yang lagi cari ide buat jualan minuman, es coklat pekat dan kental bisa jadi pilihan yang mantul banget. Yuk, simak rahasianya biar es coklatmu jadi favorit banyak orang!

1. Pilih Bubuk Coklat yang Berkualitas

Kunci utama dari es coklat yang pekat dan kental tentu saja ada di coklatnya. Pastikan kamu menggunakan coklat berkualitas baik. Pilih coklat bubuk yang dark chocolate atau coklat compound yang kandungan kakaonya tinggi.

Coklat berkualitas nggak cuma bikin rasanya lebih enak, tapi juga bikin teksturnya lebih kental. Perhatikan label pada kemasan coklat bubuk yang kamu beli. Pastikan tidak banyak campuran gula atau bahan lainnya, karena kita ingin rasa coklat yang otentik dan kuat.


2. Gunakan Takaran yang Pas

Rahasia es coklat pekat dan kental juga ada di takaran yang tepat. Untuk setiap gelas es coklat, kamu bisa gunakan 2-3 sendok makan coklat bubuk berkualitas, 200 ml susu full cream, dan 1-2 sendok makan susu kental manis. Campurkan semua bahan dalam panci kecil dan masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga coklat larut sempurna.

Jangan lupa untuk selalu mencicipi dan menyesuaikan takaran sesuai dengan selera. Jika terlalu pekat, kamu bisa tambahkan sedikit susu. Jika kurang manis, tambahkan susu kental manis atau gula pasir.

3. Tambahkan Susu Full Cream

Untuk mendapatkan es coklat yang kental dan creamy, gunakan susu full cream. Susu ini punya kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan susu skim atau susu rendah lemak, jadi teksturnya lebih lembut dan kaya.

Kalau kamu mau es coklat yang super creamy, bisa juga tambahkan sedikit whipped cream saat mencampur susu dengan coklat. Selain susu full cream, kamu juga bisa menambahkan sedikit susu kental manis untuk menambah kekentalan dan rasa manis yang pas.


4. Menggunakan Proses Memasak yang Tepat

Memasak es coklat ini juga perlu teknik yang tepat. Saat mencampur coklat dengan susu, gunakan api kecil dan terus aduk agar coklat larut dengan sempurna dan tidak menggumpal.

Proses ini juga memastikan coklat dan susu tercampur rata sehingga hasilnya lebih kental dan pekat. Jangan sampai mendidih ya, cukup sampai coklat dan susu panas dan tercampur sempurna. Setelah itu, diamkan sebentar hingga suhu turun sebelum dimasukkan ke dalam gelas.

5. Pilih Jenis Es Batu yang Cocok

Es coklat tentu saja tidak lengkap tanpa es batu. Tapi, untuk menjaga kekentalan dan kepekatan es coklat, gunakan es batu yang kecil-kecil atau es serut. Es batu yang besar bisa membuat minuman jadi terlalu encer saat mencair. Kamu juga bisa membuat es batu dari susu atau es batu coklat dengan mencampur air dan coklat bubuk. Ini akan menjaga rasa es coklat tetap pekat walau es batunya mencair.