Helo Indonesia

Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Tahan Lama

Ratu Mandiri - Ragam -> Makanan
Senin, 17 Juni 2024 18:52
    Bagikan  
Freepik

-

HELOINDONESIA.COM - Daging kurban jika tidak disimpan dengan baik maka akan membuat daging cepat bau dan daging menjadi tidak segar jika di masak.

Apabila dikonsumsi, maka tidak baik untuk kesehatan. Untuk mengantisipasi masalah tersebut simak cara menyimpan daging kurban dengan benar di dalam kulkas.

1. Pisahkan daging kurban yang kotor dan bersih

Daging kurban yang kotor sebaiknya dipisahkan dari yang bersih. Setelah itu, bersihkan bagian yang kotor dan segera masak sebelum rusak. Sedangkan sisa daging yang masih bersih, disimpan ke dalam kulkas.  

2. Daging kurban bersih jangan dicuci, langsung simpan

Hindari mencuci daging kurban dengan air. Karena, air dapat menyerap ke serat-serat daging, sehingga menurunkan kualitas daging.

Selain itu, mencuci daging kurban dengan air juga berpotensi menimbulkan bau tidak sedap dan membuat bakteri mencemari saluran pembuangan. Daging kurban yang dibagikan biasanya sudah dalam kondisi bersih. Hindari mencuci daging ini. Tapi, segera siapkan untuk disimpan ke kulkas. 

3. Jangan menyimpan daging utuh ke dalam freezer, siapkan per sajian

Memotong daging sebelum disimpan di freezer berguna agar saat proses thawing (pencairan) lebih mudah. Cara memotong daging kurban bisa dilakukan dengan memotong kecil-kecil, disimpan dalam wadah atau kontainer plastik.

4. Minimalkan jumlah udara di wadah daging

Semakin sedikit oksigen dalam plastik atau wadah penyimpanan, semakin terbatas kesempatan hidup mikroba pembusuk. Jika ingin menggunakan wadah, pastikan Anda memilih yang tempat penyimpanan dengan label food grade sehingga tidak mengontaminasi daging.

5. Hindari langsung memasukan daging ke dalam freezer

Salah satu kesalahan yang mungkin tidak sengaja dilakukan adalah langsung memasukkan daging ke freezer. Jika mendadak dibekukan, daging bisa mengkeret dan alot. Diamkan dulu di dalam kulkas 12 hingga 24 jam sebelum daging kurban dipindah ke dalam freezer.