Helo Indonesia

Resep Nasi Goreng Solaria Buatan Sendiri di Rumah

Restiyan Ningsih - Ragam -> Makanan
Selasa, 4 Juni 2024 20:23
    Bagikan  
Nasi Goreng ilustrasi
freepik

Nasi Goreng ilustrasi - Cara membuat nasi goreng solaria

HELOINDONESIA.COM - Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah menjamur dimana-mana. 

Salah satu hidangan nasi goreng dengan rasa yang terkenal enak adalah restoran solaria. Dengan perpaduan bumbu yang khas dan teknik memasak yang tepat, nasi goreng ala Solaria dapat menjadi hidangan favorit di rumah Anda.

Berikut adalah resep dan cara membuat nasi goreng ala Solaria yang lezat dan mudah untuk Anda coba:

Bahan-bahan:

Baca juga: Gus Halim: Musyawarah Desa Kunci Efektivitas Pengelolaan Dana Desa

2 piring nasi putih
2 telur
100 gram ayam fillet, potong dadu kecil
50 gram udang, kupas
3 siung bawang putih, cincang halus
2 batang daun bawang, iris halus
3 sendok makan kecap manis
1 sendok makan saus tiram
1 sendok makan saus cabai
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
Minyak goreng secukupnya
Irisan mentimun dan tomat untuk hiasan (opsional)

Baca juga: Tak Ada Genset, Pelayanan Satu Atap Lumpuh Jika Mati Lampu

Cara membuat:

Persiapan Bahan: Siapkan semua bahan dan pastikan nasi yang digunakan telah dingin atau setidaknya suhu ruangan. Nasi dingin akan lebih baik menyerap bumbu dan tidak akan lengket saat dimasak.

Memasak Telur: Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Pecahkan telur dan masak dalam wajan dengan api sedang sambil diaduk hingga telur matang. Angkat dan sisihkan telur yang telah matang.

Memasak Ayam dan Udang: Tambahkan sedikit lagi minyak ke dalam wajan yang sama. Tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan potongan ayam. Aduk-aduk hingga ayam berubah warna dan matang. Setelah itu, masukkan udang dan aduk hingga udang berubah warna dan matang. Angkat ayam dan udang, sisihkan.

Baca juga: 4 Aplikasi Pelacak Motor Hilang, Anti Ribet

Menggoreng Nasi: Dalam wajan yang sama, tambahkan sedikit lebih banyak minyak jika diperlukan. Masukkan nasi putih ke dalam wajan panas. Aduk rata dan biarkan nasi agak renyah di bagian bawah sebelum diaduk kembali. Ini akan memberikan nasi goreng tekstur yang enak.

Penyedap Rasa: Setelah nasi agak renyah, tambahkan kecap manis, saus tiram, saus cabai, garam, dan merica bubuk. Aduk rata hingga semua bumbu meresap ke dalam nasi.

Penggabungan Bahan: Setelah bumbu tercampur rata dengan nasi, tambahkan kembali ayam dan udang yang sudah dimasak tadi. Juga tambahkan telur yang sudah dimasak. Aduk semua bahan secara merata hingga tercampur sempurna.

Penyelesaian dan Penyajian: Terakhir, tambahkan irisan daun bawang dan aduk sebentar sebelum mengangkat nasi goreng dari wajan. Sajikan nasi goreng ala Solaria dalam piring saji dan hias dengan irisan mentimun dan tomat jika diinginkan.

Nasi goreng ala Solaria siap disajikan! Rasanya yang lezat dan aromanya yang menggugah selera akan membuat siapa pun ingin menikmatinya. Selamat mencoba memasak di rumah dan nikmati sajian lezat ini bersama keluarga tercinta.