Helo Indonesia

Nasi Babat Bumbu Ireng Madura 95 di Cilacap, Kuliner Lezat yang Bikin Nagih

Senin, 27 Mei 2024 09:58
    Bagikan  
Nasi Babat Bumbu Ireng Madura 95 di Cilacap, Kuliner Lezat yang Bikin Nagih

Nasi Babat Bumbu Ireng Madura 95 saat mengikuti pameran Cilacap UMKM Expo 2024

CILACAP, HELOINDONESIA.COM - Melancong ke Kabupaten Cilacap, sebuah kota di pesisir Selatan Jawa Tengah, menyimpan kekayaan kuliner yang membuat siapapun yang ke datang ingin kembali.

Selain dikenal sebagai kota perdagangan, tujuan wisata terbaik terutama bagi yang ingin menikmati wisata alam, wisatawan lokal maupun mancanegara yang singgah ke Cilacap, juga dapat menikmati kuliner yang khas dan lezat, seperti Tahu Masak, Brekecek, Sate Martawi dan Seafood Pantai Teluk Penyu.

Namun ada menu yang bisa dicoba di Cilacap, salah satunya Nasi Babat Bumbu Ireng Madura 95 khas Jawa Timur. Cita rasanya oke dengan paduan bumbu yang enak di lidah, dan yang jelas bikin nagih.

Baca juga: Atlet Taekwondo Kendal Rebut 7 Medali di Liga Cadet Pengprov TI Jateng

Sebagai informasi, kuliner Nasi Babat Bumbu Ireng Madura 95 yang ada di Cilacap tersebut merupakan makanan khas dari luar Kabupaten Cilacap yang hanya dapat dijumpai di satu lokasi saja, yakni di Jalan Rinjani, No109, Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah.

Karena warung makan nasi ini memang tergolong masih baru buka di Cilacap dan hanya ada satu pedagang yang menjajakan kuliner khas Madura yang lezat itu.

"Ya saya menang baru buka, di bula November 2023, dan di bulan tersebut juga pas ada pameran Cilacap Expo 2023 di Alun-Alun Cilacap. Kebetulan saya ikut pameran juga untuk memperkenalkan kuliner khas Madura kepada masyarakat Cilacap," kata Darna Sari, sang pemilik warung saat dijumpai belum lama ini.

Baca juga: Panglima Langit Bertekad Ungkit Ekonomi lewat Wisata dan Kuliner Kota Langsa

Dengan hadirannya kuliner ini, masyarakat Cilacap, wisatawan lokal maupun mancanegara yang berada di Cilacap kini bisa mencicipi kuliner khas Madura itu di Cilacap dan tak perlu datang jauh-jauh ke Madura, Jawa Timur.

"Tahun ini Alhamdulillah bisa ikut pameran lagi Cilacap UMKM Expo 2024, di Lapangan Krida Nusantara, Gumilir.  Tak diduga, antusiasme masyarakat Cilacap luar biasa. Mereka bilang lezat," jelasnya.

Warung ini buka setiap hari, mulai pukul 09.00 pagi dan tutup pukul 21.00, kecuali hari Minggu.

"Kalau hari Minggu saya jualan di Car Free Day Alun-Alun Cilacap mulai buka jam 06.00 pagi sampai jam 10.00 pagi,'' imbuhnya.

Tak hanya itu, Darna juga mengungkapkan alasan membuka usaha Nasi Babat Bumbu Ireng karena di daerah Cilacap ini belum ada satu pun yang menjual menu kuliner yang seperti ini. Selain Nasi Babat Bumbu Ireng, terdapat menu lain yang disajikan yakni nasi paru, nasi iso, ayam Laos, dan bebek bumbu ireng. (Aji)