Helo Indonesia

6 Tumbuhan yang Ampuh Untuk Mengusir Ular, Segera Tanam di Halaman Rumah ya !

Malda - Lain-lain
Jumat, 17 Mei 2024 21:14
    Bagikan  
Tanaman
Pinterest

Tanaman - Lavender Tanaman yang tidak disukai ular

HELOINDONESIA.COM - Reptil melata yang satu ini memang cukup mengerikan saat ada dilingkungan rumah, apalagi jika ukurannya besar dan berbisa, tentu sangat membahayakan dan bisa mematikan.

Nah, salah satu cara yang mudah, aman, dan cukup efektif untuk mengusirnya ialah dengan menanam tumbuhan tertentu.

Beberapa jenis tumbuhan dapat mengusir ular berbisa dan tidak berbisa sehingga sangat cocok ditanam di sekitar tempat tinggalmu.

Lantas, apa sajakah tumbuhan yang mampu mengusir ular dari tempat tinggalmu? Dikutip dari laman Pets dan Home & Garden Digest, inilah beberapa jenis tumbuhan yang bisa menghalau ular.

1. Marigold

10 Tumbuhan Pengusir Ular yang Wajib Ada di Halaman Rumahilustrasi marigold (unsplash.com/@dscrimager)

Marigold atau gemitir biasanya digunakan untuk mencegah hama. Kemampuan ini berasal dari akar tumbuhan. Akar marigold tumbuh dalam dan agresif, yang mengeluarkan bau kuat. Bau ini rupanya bisa mengusir banyak hama.

Sebenarnya, marigold dapat menjadi tempat persembunyian bagi tikus dan mangsa ular lainnya. Namun, bau akar yang menyengat mencegah hama menetap di sana terlalu lama. Nilai tambahnya lagi, bunga-bunga marigold yang cerah akan membuat taman rumahmu tampak makin indah.


2. Agapanthus pink

10 Tumbuhan Pengusir Ular yang Wajib Ada di Halaman Rumahilustrasi agapanthus pink (unsplash.com/@epan5)

Seperti marigold, agapanthus pink juga bisa menjadi hiasan yang indah untuk taman. Bunganya berwarna merah muda nan cantik dan fungsinya bisa untuk mengusir ular serta hama lainnya. Agapanthus pink memiliki bau yang kuat yang sangat mengganggu bagi ular. Jangan khawatir, walau tidak disukai ular, bau ini bisa digunakan untuk mengobati infeksi sinus bagi manusia.

3. Lidah mertua

10 Tumbuhan Pengusir Ular yang Wajib Ada di Halaman Rumahlidah mertua (unsplash.com/@karaeads)

Lidah mertua adalah salah satu tumbuhan terbaik yang dapat mengusir ular. Itu karena daunnya yang tajam. Selain itu, tumbuhan ini juga memproduksi oksigen pada tingkat yang lebih tinggi dari biasanya.

Walau tidak berbau, ular menganggap lidah mertua menakutkan. Selain mencegah ular memasuki rumahmu, lidah mertua juga punya bentuk yang indah. Perawatannya pun sangat mudah sehingga cocok bagi pemula. Tumbuhan ini hanya perlu disiram tiga kali seminggu dan punya daya tahan selama bertahun-tahun.

4. Bawang merah dan bawang putih

10 Tumbuhan Pengusir Ular yang Wajib Ada di Halaman Rumahilustrasi bawang putih (unsplash.com/@blsnki)

Bawang merah dan bawang putih merupakan tumbuhan yang sangat berguna untuk mengusir ular. Ini karena kedua tumbuhan ini mengeluarkan bau yang tidak disukai ular. Baunya pun membingungkan mereka. 

Kalau kamu harus memilih salah satu, tumbuhan bawang putih dianggap sebagai tumbuhan terbaik untuk mengusir ular. Sebab, tumbuhan ini mengeluarkan residu berminyak saat ular merayap di atasnya. Minyak ini bekerja seperti bawang saat kita mengirisnya. Ini membuat ular seperti disemprot merica yang membuat pedih dan membingungkannya.

5. Serai

Serai merupakan tumbuhan serbaguna yang wajib ada di setiap rumah. Selain tahan kekeringan, serai juga mudah dirawat. Ia pun merupakan rempah-rempah yang selalu dibutuhkan untuk memasak. Bau wanginya pun disukai sebagian besar orang.

Bicara tentang bau serai yang sedap dan menyengat, ular justru membenci serai karena baunya. Serai india barat, khususnya, merupakan varian serai yang dibenci ular. Selain ular, serai juga merupakan pengusir nyamuk dan caplak alami.

6. Lavender

Lavender dikenal karena aroma kuatnya yang menenangkan bagi manusia tetapi tidak disukai oleh ular. Selain itu, lavender juga efektif mengusir serangga seperti nyamuk dan lalat. Tanaman ini mudah tumbuh di tanah yang baik drainasenya dan membutuhkan banyak sinar matahari​​.