Helo Indonesia

Bacaan Doa Setelah Sholat Witir, Muslim Wajib Tau

Anjar - Lain-lain
Minggu, 10 Maret 2024 09:26
    Bagikan  
Doa Setelah Sholat Witir
Image by Freepik

Doa Setelah Sholat Witir - Bacaan Doa Setelah Sholat Witir, Muslim Wajib Tau

HELOINDONESIA.COM - Sholat witir merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim, karena ibadah ini memiliki nilai keutamaan yang istimewa. Dalam setiap ibadah yang kita lakukan, terutama sholat, doa merupakan sarana untuk berkomunikasi langsung dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Sholat witir adalah ibadah sholat yang dilakukan pada malam hari setelah sholat isya. Ibadah ini termasuk dalam rukun Islam dan tidak boleh diabaikan begitu saja.

Ada beberapa kewajiban dan sunnah yang harus dilakukan saat melaksanakan sholat witir, salah satunya adalah melakukan doa setelah selesai menunaikan sholat witir.

Doa setelah sholat witir memiliki keutamaan tersendiri dan menjadi momen penting untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Baca juga: Dzikir Setelah Tarawih Sesuai Sunnah yang Dianjurkan

Keutamaan Sholat Witir dan Doa Setelahnya

Pentingnya Melaksanakan Sholat Witir

Sholat witir merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau sendiri secara rutin melaksanakan sholat witir sebagai bentuk rasa syukur dan ketaatan kepada Allah. Menunaikan sholat witir juga merupakan cara untuk memperbaiki kualitas sholat kita secara keseluruhan, karena sholat ini dilakukan di akhir malam saat banyak orang tidur.

Selain itu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam juga mengingatkan akan pentingnya melaksanakan sholat witir. Beliau bersabda, "Sholat witir adalah sholat yang wajib bagi kalian, maka barangsiapa yang takut tidak dapat melaksanakannya pada akhir malam, maka hendaklah dia melaksanakannya pada awal malam, dan barangsiapa yang merasa yakin bahwa dapat melaksanakannya pada akhir malam, maka hendaklah dia melaksanakannya pada akhir malam saja." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dengan melaksanakan sholat witir, kita dapat meraih keutamaan yang Allah janjikan, dapat memperbaiki kualitas sholat kita, serta mendekatkan diri kepada-Nya. Selanjutnya, setelah menyelesaikan sholat witir, kita dianjurkan untuk berdoa sebagai bentuk kesyukuran dan permohonan ampunan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Doa-doa Setelah Sholat Witir

Doa setelah sholat witir merupakan salah satu momen yang sangat penting untuk berkomunikasi dengan Allah. Dalam doa setelah sholat witir, kita dapat mengungkapkan segala harapan, keinginan, permintaan ampunan, dan kebutuhan kita kepada Allah. Doa ini juga dapat digunakan sebagai sarana introspeksi diri dan sebagai wadah untuk meningkatkan ikatan kita dengan sang Pencipta.

Berikut ini adalah beberapa doa yang dianjurkan setelah menunaikan sholat witir:

1. Doa setelah Witir yang Disunnahkan: Doa yang Panjang

Doa yang panjang setelah menunaikan sholat witir merupakan salah satu doa yang sangat dianjurkan. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda, "Dari waktu kamu telah melaksanakan sholat witir, berdoalah kamu dan berbicaralah kepada Rabbmu. Karena waktu kamu sedang berbicara (berdoa) dengan Rabbmu adalah waktu dimana Rabbmu sama sekali tidak marah." (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Doa yang panjang ini bisa berupa permohonan ampunan, perlindungan, petunjuk, keberkahan, atau apa pun yang menjadi kebutuhan dan harapan kita. Kita dapat mengekspresikan segala keinginan hati kepada Allah dalam doa ini dan memanfaatkan momen tersebut untuk berbicara langsung kepada-Nya.

2. Doa yang Singkat dan Mudah di Hafal

Bagi yang belum terbiasa dengan doa yang panjang, atau untuk saat-saat tertentu ketika waktu terbatas, kita juga bisa menggunakan doa yang singkat dan mudah di hafal setelah selesai menunaikan sholat witir. Kita dapat mengutip doa-doa yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam seperti:

- "Allahumma inni a'udzu biridhaakamin saqotik, wa bi-mu'aafatika min 'uqubatik, wa a'udzu bika minka la uhshi thana'an 'alaika, anta kama athnaita 'ala nafsik.” (HR. Abu Dawud)

- "Allahummahdini fiman hadayta, wa 'aafini fiman 'aafaita, wa tawallani fiman tawallaita, wa baarik li fima a'thaita, waqini syarrama qadhaita. Innaka taqdhi wa la yuqdha 'alayk. Innahu laa yadzillu man waalayta, wa laa ya'izzu man 'aadayta. Tabaaraktai ya Dzal Jalaali wal Ikraam." (HR. Tirmidzi)

Kedua doa tersebut adalah salah satu contoh doa yang singkat dan mudah dihafal setelah menunaikan sholat witir. Doa ini tidak hanya bermanfaat untuk saat itu, tapi juga dapat menjadi doa rutin yang kita amalkan setiap hari.

Baca juga: Doa Sesudah Shalat Tarawih Lengkap

3. Doa Permohonan Ampunan

Setelah menunaikan sholat witir, kita juga dianjurkan untuk memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Memohon ampunan adalah bentuk kesadaran kita sebagai hamba yang tidak luput dari dosa dan kesalahan. Dalam doa permohonan ampunan, kita bisa menggunakan bacaan doa seperti:

- "Allahumma anta Rabbuka la ilaha ila anta. Khalaqtani wa ana 'abduka, wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastathaitu. A'udzu bika min syarri ma shanaitu. Abu'u laka bini'matika 'alayya wa abu'u bidzambi faghfirli innahu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta." (HR. Tirmidzi)

Doa permohonan ampunan ini dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan kita dan bisa kita amalkan secara rutin setelah menunaikan sholat witir. Dengan memohon ampunan, kita berharap agar dosa-dosa kita diampuni oleh Allah dan kita senantiasa menjadi hamba yang taat serta menjauhi dosa.

Kesimpulan

Melaksanakan sholat witir dan berdoa setelahnya merupakan momen penting dalam menjalin hubungan dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dalam doa setelah sholat witir, kita bisa mengungkapkan segala harapan dan kebutuhan kita kepada-Nya, memohon ampunan dosa-dosa, serta berkomunikasi langsung dengan Allah melalui doa panjang atau doa yang singkat dan mudah dihafal.

Doa setelah sholat witir adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, merenungkan segala nikmat yang telah kita terima, serta memohon petunjuk dan keberkahan-Nya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melaksanakan sholat witir dengan penuh khidmat dan dilanjutkan dengan doa yang sungguh-sungguh.

Semoga melalui sholat witir dan doa setelahnya kita dapat meraih keutamaan yang Allah janjikan, menjadi hamba yang selalu bersyukur dan taat kepada-Nya, serta mendapatkan ridha-Nya di dunia dan akhirat. Amin.