Lewat Aplikasi Stoberi, DLH Balam Kejar Target PAD Rp24,5 M

Selasa, 3 September 2024 07:21
Ilustrasi Helo Lampung

LAMPUNG HELOINDONESIA.COM- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandarlampung (Balam) telah menerapkan pembayaran retribusi sampah melalui Aplikasi Solusi Transaksi Elektronik BRI (Stoberi) untuk mencegah kebocoran dan permudah pembayaran.

Dengan Aplikasi Stoberi dapat mengejar target pendapatan asli daerah (PAD) pada tahun 2024 sebesar Rp24,5 miliar sejak diresmikan Wali Kota Eva Dwiana di Hotel Amalia, Kamis (11/1/2024).

Baca juga: DLH Balam Terus Bereskan Retribusi Sampah 2023 dari 14 UPT

"Perusahaan maupun perorangan dapat lebih mudah melakukan pembayaran retribusi sampah secara elektronik via BRI," kata Plh Kadis DLH Veni Devialesti kepada Helo Indonesia, Senin (2/9/2024).

Melalui penerapan aplikasi tersebut, ia meminta kepada seluruh wajib retribusi dapat kerja sama dengan dengan baik dalam melakukan pembayaran tepat waktu.

“Aplikasi Stroberi mencatat semua data secara real time. Kalau ada yang bandel kami beri teguran secara manual dengan langsung mendatangi,” tutur dia.

Aplikasi Stroberi juga membuat pertemuan antara petugas penagih berkurang, ujar dia.

Meski tahap awal penerapan Stroberi dimulai pada perusahaan, cafe, toko, hotel dan sejenisnya, nantinya hal serupa juga akan dilakukan kepada masyarakat umum.

“Kemudian secara bertahap juga diterapkan kepada masyarakat umum, khususnya bagi pengguna android yang mana bisa mengakses Stroberi,” kata nya .

Melalui penerapan aplikasi tersebut, ia meminta kepada seluruh wajib retribusi dapat kerja sama dengan dengan baik dalam melakukan pembayaran tepat waktu.

“Aplikasi Stroberi mencatat semua data secara real time. Kalau ada yang bandel kami beri teguran secara manual dengan langsung mendatangi,” tuturnya. (Hajim)

 - 

Berita Terkini