bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Waspada Uang Palsu! Kenali Ciri-Ciri Uang Asli Rupiah dan Cara Membedakannya

Rabu, 15 Mei 2024 12:22
    Bagikan  
Ciri-Ciri Uang Asli
Pinterest

Ciri-Ciri Uang Asli - Waspada Uang Palsu! Kenali Ciri-Ciri Uang Asli Rupiah dan Cara Membedakannya

HELOINDONESIA.COM - Transaksi keuangan semakin mudah dan beragam. Namun, kemudahan ini diiringi dengan meningkatnya modus penipuan, salah satunya melalui peredaran uang palsu.

Uang palsu tidak hanya merugikan secara finansial, tetapi juga dapat mengganggu stabilitas ekonomi dan menimbulkan keresahan di masyarakat.

Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk memahami ciri-ciri uang asli Rupiah dan cara membedakannya dengan uang palsu.

Dengan pengetahuan ini, kita dapat melindungi diri dari kerugian dan membantu menjaga keamanan sistem pembayaran di Indonesia.

Ciri-Ciri Umum Uang Asli Rupiah

Uang Rupiah asli memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang tidak dimiliki oleh uang palsu. Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum yang perlu Anda perhatikan:

1. Tekstur

Uang Rupiah asli memiliki tekstur yang kasar dan lebih tebal dibandingkan dengan kertas HVS biasa. Hal ini disebabkan oleh adanya serat kapas yang terkandung dalam bahan kertasnya.

2. Gambar

Gambar pada uang Rupiah asli tajam, detail, dan memiliki efek cetak khusus. Perhatikan garis-garis halus dan detail pada gambar pahlawan, ornamen, dan teks. Uang palsu biasanya memiliki gambar yang kabur, buram, dan tidak memiliki efek cetak khusus.

3. Benang Pengaman

Uang Rupiah pecahan Rp 20.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000 memiliki benang pengaman yang timbul dan dapat berubah warna ketika diterawang. Benang pengaman ini tertanam di dalam kertas dan tidak dapat dipisahkan.

4. Watermark

Uang Rupiah asli memiliki watermark atau gambar pahlawan yang terlihat ketika diterawang. Watermark ini biasanya terletak di bagian terang-gelap pada gambar.

5. Logo Rectoverso BI

 Pada pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, dan Rp 20.000, terdapat logo Bank Indonesia (BI) yang terlihat samar jika dilihat dari sudut tertentu. Logo ini disebut logo rectoverso BI.

6. Fluoresensi

Beberapa pecahan uang Rupiah, seperti Rp 100.000 dan Rp 50.000, memiliki bagian-bagian tertentu yang akan berpendar jika terkena sinar ultraviolet (UV). Bagian yang berpendar ini biasanya terletak pada gambar pahlawan, nominal, dan ornamen.

Baca juga: Ini Dia 5 Mata Uang Tertinggi di Dunia Tahun 2024

Cara Membedakan Uang Asli dengan Uang Palsu

Setelah mengetahui ciri-ciri umum uang asli Rupiah, Anda dapat mulai mempraktikkan cara-cara berikut untuk membedakannya dengan uang palsu:

1. Lihat

Perhatikan detail gambar, tekstur, benang pengaman, dan watermark pada uang. Uang palsu biasanya memiliki ciri-ciri yang tidak sesuai dengan uang asli, seperti gambar yang kabur, tekstur yang licin, benang pengaman yang tidak ada atau tidak bisa berubah warna, dan watermark yang tidak jelas.

2. Sentuh

Rasakan tekstur uang yang seharusnya kasar dan tidak licin. Uang palsu biasanya memiliki tekstur yang lebih halus dan licin seperti kertas HVS.

3. Goyangkan

Goyangkan uang dengan perlahan dan perhatikan pergerakan benang pengaman. Benang pengaman pada uang asli akan berubah warna ketika digoyangkan.

4. Terawang

Lihat gambar pahlawan yang muncul ketika diterawang. Watermark pada uang asli akan terlihat jelas dan sesuai dengan gambar pahlawan di bagian depan uang.

5. Gunakan sinar ultraviolet (UV)

Untuk pecahan tertentu, gunakan sinar UV untuk melihat bagian-bagian uang yang berpendar. Bagian yang berpendar pada uang asli akan terlihat jelas dan sesuai dengan pola pada uang.

Memahami ciri-ciri uang asli Rupiah dan cara membedakannya dengan uang palsu merupakan langkah penting untuk menjaga keamanan finansial dan melindungi diri dari penipuan.

Dengan pengetahuan ini, Anda dapat bertransaksi dengan lebih aman dan berkontribusi dalam menjaga stabilitas ekonomi negara.

Mari bersama-sama kita tingkatkan kewaspadaan dan pengetahuan tentang uang Rupiah asli, agar terhindar dari kerugian dan modus penipuan yang semakin marak.