Penyakit Usus Buntu, Penyebab, Pencegahan, dan Cara Mengobatinya

Sabtu, 15 Juli 2023 14:00
Usus buntu, penyebab, pencegahan dan cara mengobatinya. ist

HELOINDONESIA.COM - Apendisitis atau radang usus buntu adalah kondisi yang disebabkan oleh adanya peradangan pada usus buntu (apendiks). Usus buntu (apendiks) sendiri merupakan organ berbentuk kantong yang terhubung ke usus besar dari sisi kanan bawah perut. Fungsi usus buntu sendiri yaitu mendukung tubuh untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh, terutama pada anak-anak.

Penyebab Radang Usus Buntu

Penyakit ini terjadi akibat adanya sumbatan saluran usus buntu oleh infeksi pada rongga usus buntu, sehingga menyebabkan bakteri berkembang dengan cepat dan menimbulkan peradangan, pembengkakan hingga muncul nanah pada usus buntu.
Pembengkakan dapat menghambat aliran darah pada bagian usus buntu sehingga menyebabkan kematian jaringan yang diikuti oleh pembentukan lubang pada dinding usus buntu.

Selain itu, adanya hambatan di pintu rongga usus yang disebabkan oleh penumpukan kotoran yang mengeras kondisi medis tertentu, misalnya tumor perut. Penyumbatan rongga usus buntu (apendiks) yang disebabkan oleh pertumbuhan parasit di organ pencernaan, misalnya infeksi cacing kremi (ascariasis).

Baca juga: Benarkah Bersendawa Tanpa Henti Merupakan Gejala Kanker Usus Besar? Ini Jawaban Para Ahli

Cara Mencegah Radang Usus Buntu

Usus buntu adalah kondisi yang bisa menyerang kapan saja dan siapa saja.
Berikut cara mencegah terjadinya usus buntu.

  • Memperbanyak konsumsi makanan sumber serat dari buah dan sayuran.
  • Melakukan pemeriksaan secara rutin untuk mendeteksi adanya kondisi usus buntu lebih dini.
  • Menjaga hidrasi pada tubuh dengan mengonsumsi cukup air putih.

Cara Mengobati Radang Usus Buntu

Radang usus buntu adalah kondisi darurat yang harus segera mendapatkan penanganan. Oleh karenanya, cara mengobati radang usus buntu kemungkinan besar menggunakan antibiotik hingga pembedahan (apendiktomi) untuk mengangkat usus buntu.

Baca juga: Daikenchuto, Obat Herbal Tradisional Jepang yang Ampuh Mengobati Penyakit Radang Usus Kronis

  • Pengobatan untuk radang usus buntu dapat dilakukan melalui:
  • Menggunakan obat pereda nyeri
  • Memberi cairan Intravena
  • Melakukan drainase untuk mengeringkan abses sebelum operasi.

Pada dasarnya, apendisitis atau radang usus buntu adalah peradangan yang terjadi pada organ usus buntu, umumnya disertai dengan nyeri perut. Jika mengalami usus buntu, segera datang ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat oleh dokter.

(Jumadi)

Berita Terkini